Bupati Edy Harap Festival Seni Qasidah Bertahan dari Waktu ke Waktu

id Pulang Pisau, Festival Seni Qasidah, edy pratowo

Bupati Edy Harap Festival Seni Qasidah Bertahan dari Waktu ke Waktu

Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo membuka Festival Seni Qasidah VI didampingi Ketua Lasqi Hj Nunu Andriani bersama Forum Pimpinan Perangkat Daerah. (Foto Bagian Umum Setda Pulang Pisau)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Sebanyak 115 kafilah dan 41 official mengikuti Festival Seni Qasidah IV Tingkat Kabupaten Pulang Pisau yang dibuka Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo di GPU Handep Hapakat, Selasa (8/8) malam. Dari delapan kecamatan di daerah setempat, Kecamatan Jabiren Raya absen tidak mengirimkan perwakilan dalam kegiatan ini.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan kesenian Islami qasidah diharapkan bisa terus berkembang dan bertahan dari waktu ke waktu. 

"Pemenang pada festival ini akan dikirim mengikuti festival seni qasidah ke VI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara," pinta Edy Pratowo. 

Daerah penyebaran kesenian qasidah di daerah setempat, terang dia, didukung dengan suasana agamis karena hampir di setiap kecamatan memiliki grup qasidah. Kesenian Islami ini harus terus dipertahankan dan jangan sampai hilang di telan zaman dan hanya menjadi cerita di masa depan.

Edy Pratowo juga memberikan apresiasi kepada Lembaga Seni Qasidah (LASQI) yang sudah menggelar kegiatan ini. Dirinya juga meminta kepada dewan juri untuk melakukan penilaian yang seadil-adilnya tanpa ada terpengaruh oleh pihak manapun dan mengesampingkan hubungan emosional yang terjalin. 

Selain itu mengedepankan sikap professional dalam menjalankan tugasnya.
 
Pembukaan Festival Kesenian Qasidah yang dilaksanakan oleh Lasqi setempat. Sebanyak 115 kafilah yang ikut ambil bagian masing-masing. Kecamatan Kahayan Kuala sebanyak 22 kafilah, Kahayan Tengah sebanyak 12 kafilah. 

Banama Tingang sebanyak 23 kafilah. Pandih Batu sebanyak 12 kafilah, Sebangau Kuala sebanyak 10 kafilah, Maliku sebanyak 23 kafilah, dan Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak 27 kafilah.