KPU Pulpis Sosialisasikan Aturan PKPU Tahun 2017

id KPU Pulang Pisau, Aturan PKPU Tahun 2017, bupati pulang pisau, edy pratowo

KPU Pulpis Sosialisasikan Aturan PKPU Tahun 2017

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo memberikan sambutan saat menerima kunjungan kerja anggota KPU RI sekaligus sosialisasi PKPU Nomor 1 Tahun 2017 kepada partai politik dan pemangku kepentingan di Aula Sekretariat Kabupaten Pulang Pisau. (Istimewa)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah mensosialisasikan PKPU Nomor 1 Tahun 2017, salah satunya pendaftaran calon bupati dan wakil bupati serentak dimulai 8-10 Januari 2018 mendatang.    

Ketua KPU Kabupaten Pulang Pisau, Untung Surapati, Rabu, mengatakan untuk mensosialisasikan syarat untuk pencalonan bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, adalah mendapat dukungan 10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT). 

“Sedangkan pencalonan dari partai politik atau gabungan dari partai politik adalah 20 persen dari kursi di DPRD atau 25 persen dari jumlah suara sah Pemilu Legislatif terakhir,” katanya.

Ia mengatakan, sosialisasi PKPU Nomor tahun 2017 ini diberikan kepada partai politik, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan pemangku kepentingan, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD). 

Menurutnya untuk di daerah setempat, tahapan Pilkada tahun 2018 sudah memasuki persiapan yang dimulai sejak bulan Juni 2017.

"Kepada seluruh elemen masyarakat diminta untuk memenuhi syarat sebagai pemilih agar menggunakan hak pilihnya dengan memastikan dirinya telah memiliki KTP elektronik dan atau telah merekam KTP elektronik," ucap Untung.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan dalam rangka mendukung pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 mendatang telah disepakati naskah hibah daerah (NPHD) mencapai sebesar Rp25,6 miliar dan pada tahun 2017 dialokasikan sebesar Rp7 miliar. Dan naskah tersebut sudah disepakati pada 2 Juli 2017 lalu.

Edy Pratowo meminta agar pesta demokrasi yang dilaksanakan secara serentak pada tahun 2018 mendatang dapat berjalan aman dan lancar. 

Harapan semua elemen masyarakat di daerah, bahwa dari pilkada tersebut bisa menghasilkan pemimpin-pemimpin daerah yang berguna bagi bangsa dan negara, khususnya bagi daerah setempat.