Kodim 1012: Peran Media Perkokoh Ketahanan Negara

id Kodim 1012 Buntok, Mayor Inf Tubagus Abdul Halim, pwi barsel

Kodim 1012: Peran Media Perkokoh Ketahanan Negara

Pengurus dan anggota PWI berfoto bersama Kasdim dan anggota Kodim 1012 Buntok usai kegiatan sosialisasi Kebangsaan kepada insan pers, di Buntok, Kamis (10/8). (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Kasdim 1012 Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Mayor Inf Tubagus Abdul Halim mengatakan, peran serta media untuk memperkokoh ketahanan negara.

"Tugas seorang wartawan merupakan tugas luhur, dan penuh resiko," kata Kasdim 1012 Buntok Mayor Inf Tubagus Abdul Halim, pada kegiatan sosialisasi kebangsaan kepada insan pers dalam rangka HUT RI ke 72, di Buntok, Kamis.

Menurut dia, tugas media, selain penuh resiko, juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap apa yang dikerjakan, karena media mempunyai pengaruh besar bagi kehidupan sosial.

"Wartawan juga dapat berkontribusi positif, dan konstruktif bagi bangsa dan negara, karena media juga dapat mempengaruhi masyarakat secara destruktif melalui produk tulisannya," tambah Kasdim.

Insan pers lanjut dia, merupakan profesi yang memungkinkan untuk berperan aktif dalam bela negara, dan profesi sebagai bentuk bela negara sesuai Undang-Undang Nomor 3/2002.

"Artinya pengabdian warga negara yang punya profesi tertentu untuk kepentingan pertahanan negara," kata Mayor Inf Tubagus Abdul Halim.

Kasdim menyampaikan, sebagai bahan renungan, kata bijak dari Hos Cokroaminoto menulislah seperti wartawan, dan berbicaralah seperti seorang orator.

Menurut dia, kita semua perlu bersyukur berkat kesadaran komponen masyarakat, dinamika sosial masih dalam koridor, dan batas toleransi sehingga kondisi stabilitas keamanan terutama di wilayah Barito Selatan ini masih kondusif.

Hal ini tentunya memberikan gambaran kepada kita bahwa antara pemerintah, dan masyarakat, serta peran media mempunyai rasa kebersamaan dalam menciptakan suasana yang kondusif.

Oleh karena itu dia mengajak semua pihak untuk ikut bekerjasama membangun, dan mempertahankan kedaulatan wilayah NKRI sesuai dengan tugas, dan pengabdiannya masing-masing.

Sementara ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Barito Selatan, M. Hamdan mengatakan sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Kodim 1012 Buntok ini.

"Kita mengharapkan kegiatan sosialisasi ini bisa berlanjut, karena tujuannya untuk menambah pengetahuan, dan wawasan kebangsaan,"kata dia.

Selain itu ia juga menyampaikan, dalam melaksanakan tugasnya, wartawan tidak mempropokatif masyarakat, dan wartawan sangat menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, dan bila menulis berita selalu berimbang.

Usai kegiatan sosialisasi, wartawan bersama anggota Kodim 1012 Buntok melaksanakan permainan dengan membawa bola menggunakan tali rafia, permainan buldozer, dan membawa gelas berisi air menggunakan kain.