Jamaah Agar Tertib Selama Berhaji, Kata Legislator Ini

id dprd palangka raya, haji, sugianor

Jamaah Agar Tertib Selama Berhaji, Kata Legislator Ini

Anggota DPRD Palangka Raya, Sugianor. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Sugianor mengingatkan para calon haji agar tertib selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Selama proses pelaksanaan ibadah haji agar jamaah selalu mengikuti arahan dan petunjuk petugas maupun pendamping. Jamaah agar tidak bertindak atas kemauan sendiri," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Politisi PKB itu juga meminta jamaah agar selalu mengikuti arahan, petunjuk serta peraturan yang telah ditetapkan.

Selain itu jika jamaah ragu agar tidak segan bertanya ke petugas yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

"Salah satu tujuan tertib dan taat selama di Tanah Suci ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti terpisah dari rombongan dan lainnya," katanya.

Pria yang juga sebagai Ketua KTNA Provinsi Kalimantan Tengah ini pun mengimbau jamaah calon haji daerah itu untuk menjaga kesehatan selama menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci Mekah.

"Kurangi aktivitas yang tidak diperlukan dan perbanyak olah raga serta minum air putih dan vitamin. Saat di sana juga jangan hilangkan kebiasaan menjaga pola hidup sehatnya," katanya.

Dia juga meminta jamaah agar tak lupa mendoakan Kota Palangka Raya khususnya dan Indonesia umumnya agar selalu dalam kondisi aman dan terbebas dari upaya pemecah belahan bangsa serja jauh dari bencana.

Sementara itu, calon haji asal Kota Palangka Raya ini berjumlah 247 calon jamaah yang terdiri dari 134 wanita dan 113 pria. Tercatat sebagai calon haji usia tertua tercatat berumur 81 tahun atas nama Abdul Muis, sementara usia termuda 30 tahun bernama Jainatunnisa.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio sesaat sebelum pembukaan manasik haji meminta calon haji kota setempat menjaga kesehatan jasmani maupun rohani sejak persiapan hingga saat melaksanakan ibadah haji.

"Sikap, fisik dan mental yang dibalut dalam jiwa yang sehat menjadi sangat penting, karena tujuan ke sana adalah menunaikan ibadah dan menjadi haji yang mabrur," katanya.