Bupati Nadalsyah Lantik 185 Pejabat Barito Utara

id Bupati Barito Utara, Nadalsyah, Pelantikan

Bupati Nadalsyah Lantik 185 Pejabat Barito Utara

Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat melantik pejabat eselon lingkungan Pemkab Barito Utara, di gedung Balai Antang Muara Teweh, Jumat (11/08). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah melantik 185 pejabat terdiri dari pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan pemerintah daerah setempat.

"Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pada hari ini adalah untuk mengisi kekosongan jabatan karena sebagian pejabat ada yang purna tugas, rotasi, promosi maupun mutasi ke daerah lain," kata Bupati Nadalsyah usai pelantikan di Muara Teweh, Jumat.

Pejabat yang dilantik yakni eselon II B ada enam orang pejabat yang merupakan hasil lelang jabatan, eselon III A ada 21 orang, eselon III B sebanyak 33 orang, eselon IV A mencapai 110 orang dan eselon IV B ada 15 orang.

Menurut Nadalsyah, pelantikan ini juga karena adanya perubahan nomenklatur jabatan pada SOPD Sekretariat DPRD Barito Utara, berdasarkan peraturan bupati Barito Utara tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Bupati Nomor 38 tahun 2016 tentang susunan organisasi dan tata kerja perangkat daerah Kabupaten Barito Utara.

"Pelantikan yang dilaksanakan ini sebagai penyegaran tugas, peningkatan kinerja melalui rotasi jabatan, serta pelantikan ini juga diharapkan mampu mendorong percepatan penyelenggaraan tata administrasi pemerintahan yang berorientasi pelayanan kepada masyarakat secara maksimal dan profesional guna mewujudkan reformasi birokrasi pemerintahan daerah yang bersih, berwibawa dan akuntabel," katanya.

Nadalsyah mengatakan pelantikan pejabat tinggi pratama, saat ini merupakan hasil seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab barito Utara tahun 2017.

Disamping itu juga merupakan implementasi dari pasal 108 Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yang mengamanatkan bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif dikalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan.

"Saya minta pejabat yang dilantikan ini bisa menjalankan tugas secara maksimal," ujar Nadalsyah.

Untuk pejabat eselon II/b yang dilantik yaitu Melpadona jabatan baru Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Yaser Arafat jabatan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Barito Utara, Muhammad Iman Topik jabatan baru Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Edy Nugroho jabatan baru Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Barito Utara dan Aprin Siaga jabatan baru Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Barito Utara.