Korem Panju Panjung dan Polda Kalteng Gelar Baksos Bagi Warga Bantaran Sungai

id TNI dan Polri, baksos susur sungai, korem panju panjung, polda kalteng

Korem Panju Panjung dan Polda Kalteng Gelar Baksos Bagi Warga Bantaran Sungai

Korem 102 Panju Panjung bersama Polda Kalteng serta pihak terkait lainnya saat acara 'Susur sungai dan bakti sosial untuk mengangkat kearifan lokal' dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia yang dilaksanakan di Palangka Raya,

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Korem 102 Panju Panjung bersama Polda Kalteng serta pihak terkait lainnya mengelar acara "susur sungai dan bakti sosial untuk mengangkat kearifan lokal" dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia.

Dalam sambutannya sesaat sebelum bertolak ke Desa Tumbang Rungan, Palangka Raya, Komandan Korem 102 Panju Panjung, Kolonel Arm M Naudi Nurdika di kawasan Flamboyan Bawah, Palangka Raya, Senin mengatakan acara ini selain menyambuth HUT RI juga untuk penguatan dan upaya pelestarian budaya lokal.

"Kehidupan memanfaatkan sungai ini adalah salah satu budaya dan kearifan masyarakat kita. Ini yang saya sarankan kepada pemda baik provinsi maupun daerah untuk menjadi perhatian," kata Danrem.

Pada acara yang di inisiasi oleh Korem 102 Panju Panjung tersebut, diantara kegiatan sosial yang akan dilakukan seperti pelayanan pemeriksaan kesehatan dan KB.

Selain itu juga pembagian bendera, pembagian susu kepada siswa tingkat sekolah dasar (SD) serta pembagian paket sembako kepada sejumlah warga sasaran.

Turut dalam rombongan seperti pihak Korem 102 Panju Panjung, Kapolda Kalimantan Tengah, Brigjen Anang Revandoko beserta jajaran, kemudian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kota Palangka Raya serta Pihak Kodim 1016 Palangka Raya dan Polres Palangka Raya serta sejumlah pihak lainnya.

Pada acara yang ditempuh melalui jalur sungai ini, seluruh rombongan diangkut menggunakan sekitar 14 perahu berbagai ukuran.

Menggunakan perahu beratribut merah putih, rombongan harus menempuh waktu sekira satu jam perjalanan menelusuri Sungai Kahayan menuju arah hulu untuk sampai tempat tujuan.

"Kita bertolak ke Tumbang Rungan selaku desa terdekat yang bisa dituju melalui jalur sungai dari sini. Mudah-mudahan nanti kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin siapapun panitianha," kata Danrem.