Bupati Seruyan Minta SOPD Lengkapi Data Daerah

id Bupati Seruyan, Sudarsono, SOPD Lengkapi Data Daerah

Bupati Seruyan Minta SOPD Lengkapi Data Daerah

Bupati Seruyan Sudarsono. (Foto: IG protokol_komunikasi_seruyan)

Jangan didiamkan berlarut larut sehingga tidak tertangani,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono meminta Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) melengkapi data yang berkaitan dengan potensi dan pembangunan di kabupaten tersebut.

"Data itu sangat penting, bukan saja untuk perencanaan ke depan melainkan juga untuk evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan sebelumnya," katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Ia mengatakan, sejak resmi terbentuk sebagai salah satu kabupaten pemekaran 15 tahun silam, Seruyan belum memiliki data yang akurat mengenai pembangunan dan potensi daerah dari berbagai sektor.

"Padahal data itu ibarat cahaya, yang dapat menjadi bahan dan menentukan arah kebijakan pembangunan," katanya.

Ia mencontohkan, lemahnya data daerah terlihat dari sejumlah sektor yang sebenarnya sudah lama dimiliki oleh Seruyan, seperti sektor perikanan budidaya tambak dan perkebunan pisang kepok.

Meski, selama ini Seruyan sudah dikenal luas sebagai daerah dengan budidaya tambak terluas di Kalteng, namun SOPD terkait belum memiliki data akurat mengenai produksi serta luas tambak yang ada di Seruyan.

Begitu pula dengan perkebunan pisang kepok, meskipun penjualan pisang kepok yang dihasilkan petani Seruyan sudah merambah hingga keluar daerah, namun SOPD juga belum memiliki berapa luas perkebunan dan produksi pisang kepok yang dihasilkan setiap harinya.

"Padahal pemerintah punya kepentingan untuk terus memajukan berbagai potensi itu, misalnya melalui perluasan lahan tambak dan juga kebun pisang," katanya.

Menurutnya, Seruyan sebagai kabupaten hasil pemekaran Kotawaringin Timur harus mempercepat pembangunan di berbagai sektor untuk mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain di Kalteng.

"Dan semua itu memerlukan data-data akurat untuk perencanaan pembangunan daerah," katanya.

Sebagai kepala daerah, dirinya sudah menginstruksikan kepada SOPD untuk melengkapi berbagai data yang diperlukan untuk pembangunan daerah dipantau langsung oleh masing-masing kepala SOPD.

"Masalah data ini penting, saya sudah berpesan agar kepala SOPD menugaskan satu dua orang untuk melengkapi data daerah, dan dipantau langsung oleh kepala SOPD. Kalau ada kesulitan maka segera koordinasi. Jangan didiamkan berlarut larut sehingga tidak tertangani," katanya.