Senin, 25 September 2017

Barito Utara Gelar Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan

id Barito Utara, lomba cerdas cermat, Barito Utara Gelar Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan, Bupati Barito Utara, H Nadalsyah
Barito Utara Gelar Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan
Sekda Barito Utara Jainal Abidin (baju pramuka) bersama pejabat lainnya foto bersama usai pembukaan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan tingkat SLTA, SLTP dan SD Sederajat se Kabupaten Barito Utara, di gedung Balai Antang Muara Teweh, Senin (14/8/17). (Istimewa)
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan, disamping loma pidato, bercerita tingkat SD, SLTP dan SLTA di daerah setempat.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini yang lahir berkat Rahmad Tuhan Yang Maha Esa dan perjuangan seluruh rakyat Indonesia, serta dibangun di atas keberagaman yaitu ke Bhinekaan ras, suku, budaya dan agama yang menghuni dan tersebar di berbagai wilayah nusantara," kata Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Senin.

Dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekretaris Daerah Pemkab setempat Jainal Abidin saat membuka kegiatan di Muara Teweh, ia menyebutkan kebhinekaan tersebut sudah barang tentu sangat berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia baik dimasa lalu, masa kini maupun di masa akan datang.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945, mengamanatkan Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Sampai saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi berbagai konflik baik yang bersifat vertikal maupun horizontal yang disebabkan oleh berbagai latar belakang permasalahan ras, suku, budaya dan agama sehingga dapat mengancam integritas nasional," katanya.

Sementara disisi lain. kata dia, juga dilihat adanya fenomena kecenderungan memudarnya kesadaran sebagian masyarakat untuk memperkuat karakter, memelihara nilai-nilai patriotisme, jati diri, harkat dan martabat sebagai bangsa akibat kuatnya terpaan arus modernisasi dan globalisai.

"Apabila fenomena ini dibiarkan, kami dikuatirkan dapat menyebabkan goyahnya jati diri, kaburnya identitas, harkat dan martabat serta tercabutnya akar budaya bangsa," kata dia.

Selain itu dalam upaya mengerahkan segala sumber yang ada, maka dianggap penting adanya penerapan dalam pengembangan wawasan kebangsaan pada generasi yang sekarang dan yang akan datang.

"Oleh sebab itu pada kesemapatan ini saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas diselenggarakannya lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan, lomba pidato dan bercerita tingkat SLTA, SLTP dan SD Sederajat se Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan hari ini," ucapnya.

Kegiatan lomba cerdas cermat wawasan kebangsan tersebut dipandang penting dan strategis, karena pesatnya perkembangan lingkungan yang semakin komplek telah membawa dampak perubahan di semua aspek kehidupan masyarakat termasuk pada wawasan kebangsaan yang dirasa mengalami penurunan atau degradasi.

"Saya berharap melalui lomba dapat memberikan motivasi kepada siswa dan siswi SD, SLTP, SLTA Sedeajat untuk selalu membekali diri dengan pengetahuan, nilai sikap serta perilaku yang berwawasan kebangsaan dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak, jelasnya.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga