Ronaldo Kena Sanksi Larangan 5 Pertandingan, Karena Ini

id Cristiano Ronaldo, Piala Super Spanyol, Sanksi Larangan 5 Pertandingan

Ronaldo Kena Sanksi Larangan 5 Pertandingan, Karena Ini

Cristiano Ronaldo. (AFP PHOTO/FRANCISCO LEONG)

Jakarta (Antara Kalteng) - Cristiano Ronaldo dijatuhi sanksi larangan lima pertandingan setelah mendorong wasit Ricardo de Burgos Bengoetxea ketika Real Madrid menang 3-1 dalam Piala Super Spanyol melawan Barcelona akhir pekan lalu.

Bermain selama 24 menit sebagai pemain pengganti di Camp Nou, Ronaldo mencetak satu gol yang menawan, namun juga diganjar kartu kuning karena bertelanjang dada di lapangan selepas mencetak gol, dan terakhir mendapatkan kartu kuning kedua karena dianggap wasit De Burgos Bengoetxea melakukan diving agar dihadiahi tendangan penalti.

Ronaldo tidak terima mendapatkan kartu merah De Burgos Bengoetxea dan bereaksi dengan mendorong wasit ini. 

Akibat perbuatannya ini Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) melarang Ronaldo tampil pada satu pertandingan karena kartu merah, dan empat pertandingan lainnya karena mendorong wasit.

Laga Madrid versus Barcelona itu sendiri berlangsung panas, mulai dari gol bunuh diri Gerard Pique yang membuat Madrid memimpin, Lionel Messi menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan penalti kontroversial Luis Suarez. Marco Asensio lalu mengantarkan Madrid semakin di atas angin lewat gol ketiga Madrid yang menjadi bekal meyakinkan dalam menjalani leg kedua di Santiago Bernabeu.

Ronaldo juga dikenai denda 3.805 euro karena aksinya itu, sedangkan Madrid didenda 1.750 euro.

Larangan ini membuat Ronaldo tidak bisa tampil pada leg kedua Piala Super Spanyol, selain empat laga pertama Real di liga melawan Deportivo La Coruna, Valencia, Levante dan Real Sociedad.

Dia baru tampil lagi 20 September mendatang melawan Real Betis di La Liga, namun seminggu sebelum itu dia masih boleh tampil dalam pertandingan fase grup Liga Champions dan pertandingan persahabatan Piala Santiago Bernabeu melawan Fiorentina pada 23 Agustus.

RFEF menyatakan Madrid punya waktu 10 hari untuk mengajukan banding, demikian laman ESPN.