Pulang Pisau Expo Diharapkan Dorong Ekonomi Masyarakat

id pulang pisau expo, bupati pulpis

Pulang Pisau Expo Diharapkan Dorong Ekonomi Masyarakat

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo melihat dari dekat hasil amplang jagung produksi industri kecil masyarakat yang ditampilkan dalam Pulang Pisau Expo 2017. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan melalui Pulang Pisau Expo 2017 diharapkan bisa mendorong perputaran ekonomi masyarakat setempat.

"Melalui Pulang Pisau Expo 2017 ini juga sekaligus bisa menampilkan potensi serta produk yang dihasilkan dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah setempat," kata Edy Pratowo, Selasa (15/8).

Dikatakanya, melalui Pulang Pisau Expo 2017 ini juga salah satu tujuannya terjadi transaksi yang secara tidak langsung dapat membawa dampak bagi perekonomian masyarakat, khususnya bagi para pedagang kecil. Hasil produk maupun potensi yang ditampilkan dalam kegiatan ini diharapkan bisa menarik minat bagi pengusaha besar lainnya.

Pemerintah setempat, menurut Edy Pratowo, berusaha memfasilitasi, menampilkan dan memberikan gambaran kepada masyarakat setempat dalam upaya mempromosikan produk UMKM untuk dikenal secara luas. Selain, membangun iklim usaha yang sehat dan kondusif serta perdagangan yang bebas distorsi.

"Gerakan-gerakan pengembangan usaha mikro tidak henti dilakukan oleh pemerintah setempat," terang dia.

Tujuan lain Pulang Pisau Expo 2017 adalah memperlihatkan eksistensi dan kemampuan daerah pada sektor ekonomi karakyatan dan ekonomi kreatif lainnya yang pada ujungnya bermuara pada kesejahteraan masyarakat setempat.

Ketua Panitia Pulang Pisau Expo 2017, Juman mengatakan sedikitnya ada 24 stand yang terdiri UMKM dan instansi pemerintah setempat. Keterlibatan UMKM dalam kegiatan ini sekaligus bisa menjadi ajang pasar rakyat sehingga dapat memberikan kontribusi untuk ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Juman menyebutkan, dalam kegiatan ini juga melibatkan UMKM dan instansi terkait dengan berbagai sector. Diantaranya perkebunan, pertanian, kehutanan, perbankan serta produk hasil industri kecil masyarakat.

Usai membuka kegiatan Pulang Pisau Expo 2017, Bupati H Edy Pratowo, Ketua DPRD setempat Maruadi beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) melihat seluruh stand yang tampil tahun ini. 

Salah satu yang ditunggu masyarakat dalam kegiatan tahunan ini adalah penampilan artis Via Vallen dan Jenita Janet yang sengaja diundang pemerintah setempat untuk menghibur masyarakat dalam penutupan dan malam hiburan rakyat yang menjadi puncak rangkaian hari jadi Kabupaten Pulang Pisau ke-15 dan 72 Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.