Legislator Kotim Imbau Tanamkan Nasionalisme Melalui Keteladanan

id DPRD Kotim, Jhon Krisli, nasionalisme

Legislator Kotim Imbau Tanamkan Nasionalisme Melalui Keteladanan

Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Jhon Krisli. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Segenap elemen masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diimbau terus menanamkan nasionalisme kepada generasi muda, khususnya melalui keteladanan sikap sehari-hari.

"Dibutuhkan peran akfif kita semua untuk menumbuhkan nasionalisme kepada generasi muda. Kita wujudkan dalam ucapan dan tindakan sehingga bisa menjadi teladan bagi generasi penerus," kata Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli saat resepsi kenegaraan memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Sampit, Kamis.

Jhon Krisli mengaku prihatin dengan mulai pudarnya sikap dan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda. Padahal generasi muda menjadi harapan dalam estafet kepemimpinan dan pembangunan daerah serta bangsa ini.

Berbagai pengaruh budaya luar turut mengancam semangat nasionalisme. Fenomena ini harus harus diatasi bersama dengan terus menggelorakan semangat nasionalisme.

"Peringatan Hari Kemerdekaan ini menjadi momentum tepat menyatukan semangat seluruh bangsa Indonesia. Nasionalisme menjadi perekat persatuan bangsa tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan," kata Jhon Krisli.

Dia juga sangat mendukung tema "Kerja Bersama" yang diusung dalam peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini. Kerja bersama diharapkan mampu memotivasi semua pihak untuk mewujudkan masyarakat Kotawaringin Timur yang maju dan sejahtera.

Bupati H Supian Hadi juga mengajak seluruh masyarakat untuk mempererat persatuan. Masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

"Kita semua adalah satu. Kita jangan mau diadu domba oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kita harus menciptakan Kotawaringin Timur agar selalu kondusif. Pembangunan tidak akan bisa berjalan baik kalau keamanan dan ketertiban masyarakat terganggu," kata Supian.

Sebelumnya, Supian menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion 29 November Sampit. Rangkaian acara dilanjutkan dengan penyerahan remisi di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Sampit, kemudian doa bersama lintas agama pada sore hari.