Pemkab Barito Selatan Terus Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

id Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, Ekonomi Kerakyatan

Pemkab Barito Selatan Terus Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

Bupati Barito Selatan, H. Eddy Raya Samsuri, ST. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, terus menggerakkan berbagai sektor ekonomi daerah, khususnya ekonomi kerakyatan di wilayah setempat.

"Kita terus berupaya menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan, dengan menggali berbagai potensi sumber daya alam (SDA) yang ada dan melimpah," kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri di Buntok, Kamis.

Salah satunya, lanjut dia, seperti di Buntok seberang banyak warga yang memiliki lahan yang luas, dan tanahnya subur sehingga bisa dikembangkan dalam bidang pertanian, perkebunan, perikanan maupun pariwisata.

"Kita tinggal membutuhkan bapak angkat untuk bekerja sama dengan pemilik lahan agar lahannya bisa dikembangkan pada bidang tersebut maupun pada bidang lainnya," ujar Bupati.

Disamping itu banyak program yang akan dilaksanakan dalam menggerakkan perekonomian ini, termasuk pembangunan infrastruktur sebagai sarana pendukung dalam peningkatan ekonomi kerakyatan itu.

Selain itu, pihaknya juga telah meminta kepada para pemilik tambang, begitu juga dengan pemilik jalan hauling di daerah ini agar ikut bekerja sama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Para pemilik jalan hauling, pemilik tambang sangat menyambut baik, dan mereka ke depannya akan beroperasi untuk memulai menjalankan kegiatan perusahaan," ujarnya.

Kalau perusahaan tambang tersebut beroperasi, tentu akan terbuka lapangan pekerjaan, dan peluang usaha dalam meningkatkan pendapatan, dan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.