Ketua DPRD Minta Koperasi Gunakan Teknologi Informasi

id Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Teknologi Informasi

Ketua DPRD Minta Koperasi Gunakan Teknologi Informasi

Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto meminta para pengelola koperasi memperkuat kelembagaan dengan menggunakan teknologi informasi.

"Penguatan ini agar data yang disajikan koperasi selalu mutakhir dan dapat memperkuat kelembagaan koperasi," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Selain itu, menurut dia, koperasi juga harus memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif untuk membangun bisnis sehingga benar-benar bisa bermanfaat bagi anggota dan masyarakat umum.

"Penguatan sumber daya manusia juga sangat diperlukan agar koperasi mampu membuat terobosan produk yang diminati dan sesai permintaan publik, sehingga membawa dampak keuntungan dari sisi bisnis," katanya.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, koperasi juga harus mampu membangun ekonomi kerakyatan yang tidak hanya berfokus pada kebutuhan anggota, tapi jugaa membangun kemitraan dengan dunia usaha lainnya.

"Koperasi akan maju apabila baik anggota, pengurus, maupun pengawasnya selalu memelihara semangat untuk mewujudkan visi dan misi, termasuk meningkatkan kompetensi diri untuk memperbaiki manajemen dan produk koperasi," katanya.

Dengan demikian, lanjut Sigit, koperasi akan dapat bertahan dan menjadi landasan perkembangan ekonomi daerah di tengah kompetensi dan globalisasi.

Di sisi lain, Sigit juga meminta Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Koperasi dan UKM terus melakukan pembinaan dan pendampingan berkelanjutan.

"Ini dapat dilakukan dengan cara mempermudah akses permodalan maupun peningkatan kualitas SDM pengelola koperasi," katanya.