Waspada! Banjir Mulai Ancam Wilayah Gunung Mas

id Banjir Gunung Mas, Kuala Kurun, waspada banjir, gunung mas

Waspada! Banjir Mulai Ancam Wilayah Gunung Mas

Salah satu lokasi banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Tewah,Jumat (18/8/17). (Foto Polsek Tewah)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Curah hujan yang cukup tinggi terjadi di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mulai menimbulkan dampak bagi warga setepat. Khususnya bagi warga yang bermukim di lokasi langganan banjir.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Polsek Tewah, Kecamatan Tewah pada hari Jumat (18/8/17) sekitar pukul 12.00 Wib, situasi debit air di wilayah Kecamatan Tewah semakin meningkat. Ditemukan ada beberapa ruas Jalan yang terendam Air luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan.

Daerah yang terendam tersebut, diantaranya Jalan Menteng, Jalan Gang Polong, Jalan Perintis, Jalan Antang Ranggam, dan Jalan Tugu. Kemungkinan, Debit Air semakin bertambah, mengingat beberapa hari yang lalu curah hujan meningkat.

"Untuk sementara, tidak ada korban jiwa. Baik itu manusia maupun ternak," ungkap Kapolsek Tewah, AKP Junaldi kepada Antara Kalteng.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Kabupaten Gumas, HM Rusdi mengatakan. Sejauh ini, masih ada dua kecamatan yang tergenang air, yakni Kecamatan Kahayan Hulu Utara dan Kecamatan Tewah. 

"Namun informasi terakhir, air mulai naik di wilayah Kelurahan Tampang Tumbang Anjir sedangkan di Kecamatan Kahayan Hulu Utara sudah berangsur surut," kata HM Rusdi.

Ia menambahkan, masyarakat supaya waspada menghadapi datangnya banjir dadakan. 

Ia meminta, agar masyarakat atau pejabat setempat di lokasi banjir untuk segera melaporkan kepada pihaknya dan pihak berwenang jika banjir mulai mengancam.

"Tetap waspada, dan jangan lengah. Semoga genangan air segera surut," demikian HM Rusdi.