Ditpolair Kalteng Ajak Masyarakat Dukung Tol Laut

id ditpolair polda kalteng, polda kalteng, tol laut

Ditpolair Kalteng Ajak Masyarakat Dukung Tol Laut

Petinggi TNI dan Polri berbaur dengan masyarakat mengikuti berbagai lomba di markas Ditpol Air Polda Kalteng di Sampit, Sabtu (19/8/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Direktorat Polair Polda Kalimantan Tengah, mengajak masyarakat mendukung program tol laut dengan membantu menciptakan keamanan dan ketertiban di kawasan perairan.

"Direktorat Polair mengajak masyarakat bergotong-royong dalam menjaga keamanan. Kami juga mengajak masyarakat bersama-sama menyukseskan program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, khususnya mengamankan transportasi tol laut yang dicanangkan oleh pemerintah," kata Direktur Polair Polda Kalimantan Tengah, Kombes Polisi Badarudin di Sampit, Sabtu.

Sabtu pagi, Direktorat Polair menggelar pesta rakyat berupa berbagai jenis perlombaan di markas mereka di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur. Acara ini disambut antusias ratusan warga di kawasan itu, apalagi puluhan hadiah disiapkan bagi pemenang.

Badarudin mengatakan, kegiatan yang juga diikuti anggota TNI dan Polri itu untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan itu juga merupakan upaya lebih mempererat hubungan Ditpolair dengan masyarakat.

Upaya Ditpolair melibatkan masyarakat sesuai dengan motto yang digaungkan Presiden Joko Widodo yakni "Kerja Bersama". Masyarakat memiliki peran penting membantu polisi menjaga keamanan dan ketertiban.

Masyarakat Kotawaringin Timur harus mendukung program kemaritiman karena Pelabuhan Sampit merupakan salah satu pelabuhan yang dipilih dalam pelaksanaan program tol laut oleh pemerintah. Untuk itulah masyarakat harus mendukung dengan membantu menciptakan kelancaran arus transportasi sungai serta keamanan di kawasan perairan.

"Dengan lancarnya tol laut, maka distribusi barang akan lebih mudah dan harga barang akan menjadi lebih murah. Salah satu tujuan program tol laut adalah untuk menjaga kestabilan harga," kata Badarudin.

Badarudin juga mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan, khususnya wilayah perairan agar perairan bisa dinikmati oleh generasi penerus. Perairan sangat penting untuk transportasi dan pemanfaatan berbagai potensi yang ada di dalamnya.