Siswi Sekolah Binaan PT SSM Juara Matematika Tingkat Nasional

id PT Sukajadi Sawit Mekar (SSM), Musim Mas Group, sd anwar karim, PT SSM, Bintang Meyar Della

Siswi Sekolah Binaan PT SSM Juara Matematika Tingkat Nasional

Bintang Meyar Della didampingi orangtuanya dan Humas PT SSM usai menerima penghargaan dari Bupati Kotim, H Supian Hadi pada upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI. (Foto Antara Kalteng/ Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Prestasi membanggakan ditorehkan Bintang Meyar Della (11), siswi kelas lima Sekolah Dasar (SD) Anwar Karim, Desa Sebabi, Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Dia berhasil menjadi Juara II Lomba Matematika dalam Olimpiade Olahraga dan Sains Nasional di Pekanbaru Riau, belum lama ini.
    
SD Anwar Karim bernaung di bawah Yayasan Anwar Karim yang merupakan binaan PT Sukajadi Sawit Mekar (SSM), Musim Mas Group. Sekolah-sekolah milik Yayasan Anwar Karim tersebar di perusahaan-perusahaan perkebunan kelapa sawit milik Musim Mas Group.
    
"Saat ini ada 800 orang murid yang sekolah di Anwar Karim. Kami sangat memperhatikan peningkatan kualitas pendidikan. Kebutuhan guru juga dipenuhi sesuai kebutuhan," kata salah satu pengurus Yayasan Anwar Karim, sekaligus Humas PT SSM, Teguh Kanna di Sampit, Senin.
    
Meski berada di areal perusahaan, sekolah-sekolah Anwar Karim tidak hanya menerima anak dari karyawan perkebunan setempat, tetapi juga warga desa sekitar perusahaan. Ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan atau program social responsibility (CSR).
    
Pihak perusahaan secara serius mendukung bidang pendidikan dengan menyediakan fasilitas, tenaga pengajar hingga bantuan untuk siswa. Harapannya, kualitas pendidikan di sekolah-sekolah Yayasan Anwar Karim tidak kalah dibanding sekolah di perkotaan.
    
Keberhasilan Bintang Meyar Della meraih juara II tingkat nasional, menjadi bukti kualitas pendidikan di sekolah Anwar Karim juga mampu bersaing, bahkan di tingkat nasional. Ini juga menjadi bukti Musim Mas Group memperhatikan secara serius pembinaan di sektor pendidikan.
    
Saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion 29 November Sampit pada 17 Agustus lalu, Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi memberikan penghargaan kepada Bintang Meyar Della atas prestasi yang berhasil diraih.
    
"Kami bangga karena prestasi itu tidak hanya membanggakan sekolahnya, tetapi juga mengharumkan nama daerah. Kami berharap akan banyak lagi prestasi-prestasi yang dicapai murid-murid yang sekolah di Anwar Karim," harap Teguh Kanna.
    
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Bima Ekawardhana, mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan siswi SD Anwar Karim. Prestasi yang dipersembahkan Bintang Meyar Della telah mengharumkan nama daerah ini di tingkat nasional.
    
"Kami berterima kasih karena ini menunjukkan keseriusan perusahaan membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan. Kami berharap ini menjadi contoh bagi perusahaan lainnya dalam pembinaan di sektor pendidikan," kata Bima.
    
Bima berharap perusahaan besar swasta terus membantu peningkatan pendidikan di Kotawaringin Timur. Peningkatan sumber daya manusia akan mendorong peningkatan kemampuan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.