Segera Evaluasi Kegagalan Raih Adipura, Kata Legislator Palangka Raya

id dprd palangka raya, piala adipura, nenie a lambung

Segera Evaluasi Kegagalan Raih Adipura, Kata Legislator Palangka Raya

Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie Adriati Lambung. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung meminta pemerintah kota setempat segera mengevaluasi penyebab kegagalan dalam meraih piala Adipura pada tahun ini.

"Kegagalan itu harus segera dievaluasi agar bisa diketahui penyebab rendahnya poin penilaian piala Adipura. Evaluasi juga untuk persiapan tahun berikutnya dalam penilaian Adipura," katanya di Palangka Raya, Senin.

Apalagi, lanjut dia, pada 2016 pemerintah "Kota Cantik" Palangka Raya nyaris memperoleh penghargaan tersebut. Bahkan, angka untuk mendapat Adipura itu hanya terpaut kurang dari satu angka berdasar nilai seluruh kriteria penetapan penghargaan tersebut.

Politi PDI Perjuangan ini mengatakan, kegagalan meraih piala Adipura menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah Kota Palangka Raya pada 2018 mendatang. Hasil evaluasi juga bisa menjadi rujukan pemerintah kota dalam menetapkan skala prioritas dpengelolaan lingkungan.

Adipura merupakan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan lingkungan hidup di Indonesia dan menjadi salah satu prestasi terbaik bagi suatu daerah dalam pengelolaan lingkungan.

"Kriteria mana yang kurang dalam penilaian tersebut harus segera dievaluasi dan diperbaiki, Nilai kita yang hanya terpaut kurang dari satu angka. Maka pada 2018 kita harus fokus mengejar kekurangan itu sehingga angka niminal adipura dapat kita lewati," katanya.

Dia pun meminta pemerintah kota yang terkait langsung dengan kriteria ataupun penilaian Adipura semakin meningkatkan koordinasi dan sinergitas.

Nenie pun meminta masyarakat turut aktif terlibat dalam mensukseskan program pemerintah termasuk upaya untuk meraih piala Adipura.

"Sehingga antarinstansi pemerintah termasuk masyarakatnya memiliki rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk meraih penghargaan di bidang lingkungan ini," katanya.