Bulog Jamin Stok Pangan Idul Adha Cukup

id Bulog Kalteng, Mariyem, Idul Adha

Bulog Jamin Stok Pangan Idul Adha Cukup

Kepala Bulog Divre Kalteng, Ma'ruf (kiri) dan Kabid Komersil Bulog Divre Kalteng, Mariyem (kanan). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Masyarakat tak perlu risau kekurangan bahan pangan saat perayaan Idul Adha nanti,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Perum Bulog Divre Kalimantan Tengah menyatakan stok beberapa komoditas pangan cukup memadai hingga Idul Adha 1438 Hijriah.

"Kami masih punya persediaan sejumlah bahan pangan khususnya yang ditangani Bulog langsung. Masyarakat tak perlu risau kekurangan bahan pangan saat perayaan Idul Adha nanti," kata Kabid Komersil Bulog Divre Kalteng Mariyem saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Senin.

Bahkan, lanjut dia, sejumlah komoditas baru saja tiba dan saat ini telah berada di gudang dan siap didistribusikan jika diperlukan.

Dia menerangkan, saat ini di gudang Bulog tercatat sebanyak 220 ton gula pasir, satu kontainer lebih minyak goreng, 10 ton bawang putih, dan 1.000 ton lebih beras.

"Bahkan untuk daging kami telah mengajukan sebanyak tiga ton yang nantinya 300 kg untuk Kabupaten Kapuas, 1 ton untuk Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur 700 kg, dan Kotawaringin Barat 1 ton," katanya.

Bulog Kalteng selalu ikut berpartisipasi dalam setiap pelaksanaan pasar murah dengan menyediakan dan menjual berbagai produk pangan dengan harga relatif murah.

Untuk itu, selain membeli beras untuk memenuhi kebutuhan stok nasional untuk beras sejahtera (rastra), Bulog juga menjual beras komersial, yakni beras premium dan super, guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Melalui Rumah Pangan Kita (RPK), Bulog juga menyediakan sejumlah kebutuhan pangan dengan harga lebih murah daripada yang ada di pasaran, di antaranya gula pasir dengan harga Rp12.500/kg, minyak goreng Cap Tawon Rp13.000/liter, minyak goreng Rose Brand Rp26.000/liter.

Selain itu, RPK juga menjual bawang putih Rp22.500/kg, bawang merah Rp25.000/kg. Sementara untuk beras komersil dijual dengan harga Rp50.000-RP100.000 tergantung merek dan ukuran kemasan.