Palangka Raya Butuh Kontribusi Lebih Perguruan Tinggi, Untuk Hal Ini

id Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia, Perguruan Tinggi

Palangka Raya Butuh Kontribusi Lebih Perguruan Tinggi, Untuk Hal Ini

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya Dr HM Riban Satia meminta kalangan perguruan tinggi di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu dapat berkontribusi lebih dalam mengawal percepatan pembanguanan dan kemajuan daerah.

Permintaan wali kota Palangka Raya dua periode itu disampaikan saat meresmikan kampus baru LP3I di Palangka Raya, Senin.

Dikatakan, dalam melaksanakan proses pembangunan pemerintah tak mampu bergerak sendiri dan berharap kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Palangka Raya.

Diantara peningkatan kontribusi yang diharapkan tersebut seperti menjaga dan terus meningkatkan kualitas pendidikan sehingga mampu mencetak sumber daya manusia yang berintegritas dan berdaya saing tinggi.

"Kerja sama dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat termasuk universitas penting. Untuk itu perlu kebersamaan dalam memajukan pendidikan sehingga mampu menghasilkan pendidikan berperspektif satu abad ke depan," ucap Riban Satia yang juga Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Wali kota Riban Satia lebih lanjut mengatakan, keterlibatan universitas juga disesuaikan dengan jurusan atau fakultas yang dimiliki.

Dia mencontohkan, fakultas pendidikan dapat menyiapkan lulusan tenaga pendidik yang profesional, fakultas kedokteran memastikan lulusannya berkualitas, termasuk pendidikan non formal agar menyiapkan SDM yang siap bersaing ditengah tantangan global.

"Lembaga pendidikan nantinya tak mampu menghasilkan lulusan yang tak hanya siap bekeja tetapi juga menghasilkan lulusan yang menghasilkan lapangan pekerjaan dan mampu mentransfer ilmunya kepada masyarakat luas," katanya.

Direktur Operasional LP3I Jakarta, Verus Hardian mengatakan pihaknya siap berkontribusi dalam pembangunan khususnya pada bidang-bidang penyiapan SDM profesional pada bidang yang diajarkan di kampusnya.

"Tentunya kami hadir juga dalam rangka menyiapkan SDM berkualitas dan berdaya saing. Nantinya kita juga siap mengembangkan beberapa program studi yang sekiranya diperlukan oleh pemerintah kota yang didasarkan dinamika masyarakat Palangka Raya," katanya.