Bupati Barito Utara Dianugerahi Gelar Adat Dayak

id Bupati Barito Utara, Nadalsyah, Gelar Adat Dayak

Bupati Barito Utara Dianugerahi Gelar Adat Dayak

Bupati Barito Utara Nadalsyah menerima gelar adat suku Dayak di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang, Senin. (Foto Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh  (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah diberi penganugerahan gelar adat Suku Dayak sebagai "Tumenggung Nuen Tarung Bungen Buen" yaitu pemimpin bijaksana mampu memberikan kesejahteraan dan kemakmuran di segala bidang.

Penganugerahan gelar adat Dayak itu dilakukan Damang Kecamatan Gunung Timang, Apoloneus berdasarkan keputusan lembaga adat kecamatan setempat langsung dihadiri Bupati Barito Utara, Nadalsyah di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang, Senin.

Pemberian gelar kehormatan tersebut didasari oleh perhatian, kepedulian dan pengorbanannya yang telah diberikan kepada masyarakat Kecamatan Gunung Timang dalam pelaksanaan pembangunan disegala bidang, sehingga masyarakat di kecamatan ini mendapat dan merasakan pembangunan secara menyeluruh.

Bupati Nadalsyah mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Gunung Timang yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan kepada Pemkab Barut sehingga terjalin sinergitas dari seluruh komponen dalam melaksanakan program-program pembangunan.

Namun pembangunan di Barut tetap mengedepankan nilai-nilai luhur budaya serta nilai potensi kearifan lokal yang selalu dijunjung tinggi.

"Sehingga terjalin harmonisasi dari semua pihak dalam kerukunan kehidupan di Kecamatan Gunung Timang pada khususnya dan kabupaten dengan semboyan bumi Iya Mulik Bengkang Turan pada umumnya yang pada gilirannya akan mewujudkan Barito Utara yang maju dan berkembang," kata Nadalsyah.

Pada kesempatan itu Bupati Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Ompie Herby, Ketua DPRD Barito Utara Set Enus Y Mebas dan pejabat lainnya serta Camat Gunung Timang Syahmiludin A Surapati bersama masyarakat Kecamatan Gunung Timang melaksanakan Senam Bersama dalam rangkaian peringatan HUT RI Ke-72 di Kecamatan Gunung Timang.

Selain Senam Bersama juga diselenggarakan jalan sehat, tari manasai massal, dan pemeriksaan kesehatan gratis serta hiburan di malam hari. Serta meresmikan pelayanan 24 jam di Puskesmas Kandui Kecamatan Gunung Timang, hal itu sekaligus menjadi puskesmas yang pertama kali melayani masyarakat selama 24 jam nonstop.

"Saya ucapkan terima kasih secara pribadi semoga semakin menambah motivasi dan semangat dalam melanjutkan dan melaksanakan visi-misi yang menjadi komitmen sejak menjabat sebagai Bupati Barito Utara," ujar Nadalsyah.