Musim Mas Group Beri Bonus 10 Desa Nihil Kebakaran Lahan

id musim mas group, nihil kebakaran, PT Sukajadi Sawit Mekar, PT Maju Aneka Sawit, PT Globalindo Alam Perkasa

Musim Mas Group Beri Bonus 10 Desa Nihil Kebakaran Lahan

Senior General Manager Musim Mas Group Region Kalteng, Gunadi menyerahkan bonus untuk 10 desa di Kotim yang berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan, Senin (21/8/2017). (Foto Antara Kalteng/ Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit, Musim Mas Group, memberikan "reward" atau bonus untuk 10 desa di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, yang berhasil mencegah kebakaran lahan dan hutan dalam setahun terakhir.
    
"Pemberian "reward" ini sebagai bentuk penghargaan kami kepada desa yang masyarakatnya membuka lahan tanpa bakar serta mampu mencegah kebakaran hutan dan lahan. Bagi kami, sekecil apapun api, bisa saja membesar. Makanya parameternya adalah nihil kebakaran hutan dan lahan," kata Senior General Manager Musim Mas Group Region Kalimantan Tengah, Gunadi didampingi General Manager Humas, Rusli Salim di Telawang, Senin.
    
Musim Mas Group dengan anak perusahaannya yaitu PT Sukajadi Sawit Mekar, PT Maju Aneka Sawit, PT Globalindo Alam Perkasa dan PT Unggul Lestari, menggelar apel gabungan dan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.
    
Kegiatan yang dilaksanakan di areal PT Maju Aneka Sawit itu diikuti TNI, Polri, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Manggala Agni, tim pemadam kebakaran perusahaan, tim barisan relawan penanggulangan kebakaran dan bencana sejumlah desa dan intansi terkait lainnya.
    
Acara ini diisi dengan arahan Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi yang diwakili Staf Ahli, Rustam Fuadi. Kegiatan juga diisi simulasi pemadaman kebakaran lahan, dilanjutkan sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan.
    
Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk kembali melakukan penandatanganan nota kesepakatan antara perusahaan dengan 19 desa untuk bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan.
    
Desa-desa itu tersebar di Kecamatan Telawang meliputi Desa Sebabi, Tanah Putih, Kenyala dan Penyang, Kecamatan Kotabesi meliputi Desa Hanjalipan, Simpur, Kandan, Camba, Soren dan Palangan, Kecamatan Mentaya Hulu meliputi Desa Tangar dan  Baampah, Kecamatan Mentaya Hilir Utara meliputi Desa Natai Baru dan Bagendang Tengah, Kecamatan Antang Kalang meliputi Desa Tumbang Sepayang, Tumbang Kalang, Tumbang Manya dan Sungai Hanya serta Desa Tumbang Boloi Kecamatan Telaga Antang.
    
"Selama ini kami sudah memberi bantuan peralatan pemadam kebakaran, alat transportasi dan lainnya untuk membantu desa-desa tersebut mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan," kata Gunadi.
    
Usai apel gabungan, pihak perusahaan menyerahkan "reward" atau bonus untuk 10 desa yang nihil atau berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan dalam setahun terakhir. Yakni Desa Tangar, Hanjalipan, Baampah, Kandan, Simpur, Tumbang Sepayang, Tumbang Kalang, Tumbang Manya, Sungai Hanya dan Tumbang Boloi.
    
Bonus yang diberikan berupa bantuan uang tunai dengan total Rp250 juta dan berbagai peralatan yang dibutuhkan desa seperti sepeda motor, perahu motor, kendaraan roda tiga dan lainnya. Bantuan jenis lain juga diberikan perusahaan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan instansi lainnya.
    
Camat Kotabesi, Sutimin, sangat berterima kasih atas bantuan perusahaan kepada masyarakatnya. Ini merupakan bentuk kepedulian dan sumbangsih perusahaan kepada masyarakat dan daerah.
    
"Selama ini Musim Mas Group sudah banyak membantu masyarakat kami dan sekarang ada "reward" lagi yang mereka berikan. Ini akan memotivasi masyarakat untuk lebih baik dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan," katanya.
    
Staf Ahli Bupati, Rustam Fuadi sangat mengapresiasi inisiatif Musim Mas Group membantu pemerintah dalam berbagai hal, khususnya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Dia memuji kepedulian Musim Mas Group dan anak perusahaannya yang dengan serius membantu pemerintah daerah.
    
"Kami berharap ini menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kotawaringin Timur. Perusahaan harus berinisiatif dan kesadaran tinggi membantu pemerintah dan masyarakat di daerah ini," kata Rustam.
    
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur, Sutoyo mengatakan, Musim Mas Group melalui empat anak perusahaannya, sangat aktif membantu pemerintah daerah dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan lahan.
    
"Kami salut karena perusahaan ini sangat serius membantu pemerintah daerah. Mereka aktif jemput bola menginisiasi desa-desa agar bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan. Bahkan perusahaan ini mempelopori "Masyarakat Bebas Api" untuk mengajak masyarakat mencegah kebakaran hutan dan lahan," kata Sutoyo.
    
Sementara itu, Kepala Bagian Operasional Polres Kotawaringin Timur, Kompol Muhammad Ali Akbar mengapresiasi inisiatif yang dilakukan selama ini oleh Musim Mas Group dalam membantu pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.
    
"Ini menunjukkan sinergitas yang baik dan kesiapan kita bersama dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Kami berharap kebakaran hutan dan lahan bisa dicegah seminim mungkin," kata Ali.
    
Ali mengajak masyarakat dan perusahaan untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Kepolisian akan menindak tegas warga atau perusahaan yang terbukti membakar lahan.