Program Listrik Masuk Desa Kecamatan Gunung Timang Direalisasikan 2018

id barito utara, barut, listrik, Listrik Desa Kecamatan Gunung Timang, Nadalsyah, Program Listrik Masuk Desa Kecamatan Gunung Timang Direalisasikan 2018

Program Listrik Masuk Desa Kecamatan Gunung Timang Direalisasikan 2018

Bupati Barito Utara Nadalsyah saat kunjungan kerja di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang

Hanya saja yang menjadi kendala di wilayah Kabupaten Barito Utara adalah persoalan infrastruktur dan masih rendahnya kesadaran masyarakat akan listrik, terutama masih banyak tuntutan ganti rugi dari masyarakat,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - PT PLN menjanjikan usulan program listrik masuk desa di Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, direalisasikan tahun 2018 mendatang.

"Saya telah melakukan pertemuan dengan pihak PLN kantor wilayah Kalimantan Selatan dan Kalteng di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mereka akan merealisasikan program listrik masuk desa di Kecamatan Gunung Timang tahun depan," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang, Senin.

Hal itu dikatakan usai senam bersama, jalan sehat, tari manasai bersama, pemeriksaan kesehatan gratis dan menerima gelar adat Dayak dalam rangkaian Hari Kemerdekaan Ke-72 RI.

Menurut Nadalsyah, program listrik masuk desa itu pada tahap pertama direalisasikan di Desa Tapen Raya sudah mulai pemasangan tiang dan kabel. Di Desa Kandui serta Desa Batu Raya dilaksanakan pemasangan tiang listrik pada Oktober mendatang.

Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Gunung Timang agar merelakan tanam tumbuh di sekitar lahan yang akan didirikan tiang listrik PLN. Hal ini juga untuk kepentingan seluruh masyarakat khususnya Kecamatan Gunung Timang.

Program listrik masuk desa ini merupakan program pemerintah pusat dan seluruh wilayah akan segera teraliri listrik.

"Hanya saja yang menjadi kendala di wilayah Kabupaten Barito Utara adalah persoalan infrastruktur dan masih rendahnya kesadaran masyarakat akan listrik, terutama masih banyak tuntutan ganti rugi dari masyarakat," kata dia.

Nadalsyah terus berupaya agar semua desa di daerah setempat yang belum menikmati aliran listrik dari PLN mendapat penerangan listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang bersumber dari gas Blok Bangkanai di Desa Karendan Kecamatan Lahei.

Wilayah Barito Utara merupakan ring 1 (daerah penghasil gas untuk PLTMG) yang semestinya menjadi prioritas untuk pemasangan jaringan listrik sehingga semua masyarakat desa dapat menikmati adanya penerangan listrik.

"Saya tidak ingin nantinya ada desa-desa yang tak teraliri listrik. Sebab apabila ada desa di ring I ini sampai tidak teraliri listrik dikhawatirkan akan terjadi kecemburuan sosial. Maka dari itu, saya berupaya memperjuangkan agar desa-desa di daerah ini semua dapat teraliri listrik," kata Nadalsyah.

Pada kesempatan itu, Bupati Nadalsyah mengakui masih cukup banyak program-program pembangunan yang harus dilaksanakan dengan lebih maksimal lagi sehingga cita-cita kita bersama untuk masyarakat Barito Utara yang maju dengan taraf hidup yang lebih setara dapat segera terwujud

Terlebih untuk menanggapi berbagai laporan dan usulan program pembangunan yang disampaikan oleh Camat Gunung Timang dalam berbagai kesempatan selalu menjadi bahan pertimbangan untuk memberikan pertimbangan dan dukungan untuk percepatan kemajuan pembangunan di wilayah Kecamatan Gunung Timang.

"Jadi percepatan pembangunan listrik masuk desa diseluruh wilayah Kabupaten Barito Utara selalu menjadi prioritas utama yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Barito Utara. Hal ini dikarenakan kebutuhan listrik adalah kebutuhan yang sangat mendasar," kata H Koyem, panggilan akrab Nadalsyah.