Australia Bantu Lamandau Kembangkan PAUD

id Australia, Lamandau, Paud

Australia Bantu Lamandau Kembangkan PAUD

Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamandau Moeriadi menyematkan tanda peserta kepada salah seorang tenaga pendidik PAUD yang mengikuti Diklat di Kecamatan Bulik, Senin. (Istimewa)

...PAUD salah satu layanan dasar pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan,"
Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah Australia memberikan bantuan dana sebesar Rp332,5 juta kepada Pemerintah Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah untuk peningkatan kapasitas tenaga pengajar Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD).

Dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng hanya Lamandau yang mendapat bantuan dari Australia, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lamandau Moeriadi di Nanga Bulik, Selasa.

"Jadi, dana sebesar Rp332,5 juta dari Australia tersebut akan dipergunakan untuk meningkatkan kapasitas 162 tenaga pendidik PAUD di seluruh Kabupaten Lamandau. Tahap Awal kita sudah laksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) berjenjang tenaga pendidik PAUD se-Kecamatan Bulik, Senin (21/8)," tambahnya.

Diklat berjenjang bertujuan menyiapkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang profesional, memahami konsep dasar dan perkembangan PAUD, cara belajar, perencanaan pembelajaran, evaluasi, kesehatan dan gizi komunikasi dalam pengasuhan, etika serta karakter pendidik PAUD.

Moeriadi mengatakan layanan PAUD merupakan salah satu investasi efektif dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) termasuk didalamnya anak-anak generasi desa dan menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan dana desa.

"Kita dari Pemkab Lamandau sangat mengapresiasi adanya bantuan dari Negara Australia dalam mengembangkan tenaga pendidik PAUD. Sebab, PAUD salah satu layanan dasar pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan," kata Moeriadi.

Camat Bulik sekaligus Bunda PAUD Kecamatan Bulik, Atie Dieni mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi adanya diklat peningkatan kapasitas tenaga pendidik PAUD. Apalagi kegiatan ini kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamandau, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI).

"Jumlah peserta masing-masing desa diwakili 3 orang dari 14 desa se Kecamatan Bulik selama 1 minggu. Kegiatan ini sangatlah penting untuk diikuti bagi para guru PAUD, karena pelatihan ini adalah sebagai modal dasar pengatahuan bagi para guru PAUD, "demikian Atie.