Legislator Minta Pemko Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Idul Adha

id DPRD Palangka Raya, Sugianor, Jelang Idul Adha

Legislator Minta Pemko Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Idul Adha

Anggota DPRD Palangka Raya, Sugianor. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Sugianor meminta pemerintah kota melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan segera melakukan antisipasi melonjaknya harga sejumlah kebutuhan bahan pokok menjelang Idul Adha 1438 Hijriah.

"Meski tak seperti Ramadhan dan Idul Fitri namun biasanya kenaikan harga kebutuhan bahan pokok pada Idul Adha tak bisa dihindarkan. Untuk itu, pemerintah segera lakukan antisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Upaya antisipasi dan stabilisasi tersebut, untuk memastikan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran selama Idul Adha dalam tahap yang wajar.

Menurut politisi PKB tersebut, diantara upaya yang dapat dilakukan pemerintah ialah dengan memantau dan mengawasi peredaran produk pangan secara berkelanjutan.

Untuk itu, lanjut mantan Ketua badan kehormatan DPRD "Kota Cantik" Palangka Raya ini juga meminta tim Satgas Mafia Pangan wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini semakin mengintensifkan pemantauan dan pergerakan di lapangan.

"Lakukan pemantauan di seluruh pasar, termasuk kepada para agen atau penyetok barang guna memastikan tidak ada oknum yang memanfaatkan Idul Adha untuk mengeruk keuntungan pribadi," katanya.

Ketua KTNA Kalimantan Tengah ini juga meminta petugas terkait melalui tim Satgas Mafia Pangan menindak oknum yang terbukti melakukan kecurangan atau memainkan harga kebutuhan pangan selama Idul Adha 2017 ini.

Sementara itu, terkait ketersediaan sejumlah bahan pangan, Perum Bulog Divre Kalimantan Tengah menyatakan stok beberapa komoditas aman hingga beberapa waktu ke depan.

"Kami masih punya persediaan sejumlah bahan pangan khususnya yang ditangani Bulog langsung. Bahkan, lanjut dia, sejumlah komoditas baru saja tiba dan saat ini telah berada di gudang dan siap didistribusikan jika diperlukan," kata Kabid Komersial Bulog Divre Kalteng Mariyem.

Masyarakat pun diimbau tak perlu risau kekurangan bahan pangan saat perayaan Idul Adha nanti.