Ini Keterangan Kapolda Kalteng Tentang Kebakaran MAN Sampit

id sekolah terbakar, MAN Sampit, Kapoolda Kalteng

Ini Keterangan Kapolda Kalteng Tentang Kebakaran MAN Sampit

Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Brigjen Pol Anang Revandoko menegaskan kebakaran Sekolah Madrasah Aliah Negeri (MAN) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur murni akibat korseleting listrik.

Hal tersebut setelah tim Laboratorium Forensik (Labfor) Surabaya yang melakukan olah tempat kejadian perkara berhasil menyimpulkan penyebab kebakaran yang sempat di isukan ada kaitannya dengan kejadian di Palangka Raya.

"Kasus kebakaran di salah satu sekolah di Sampit, itu murni akibat arus pendek listrik dibangunkan itu. Sehingga gedung sekolah tersebut terbakar," kata Anang, Selasa, di Palangka Raya.

Ia meluruskan, isu teror pembakaran sekolah yang ada di Sampit itu sama sekali tidak benar. Bahkan jajaran polres setempat sudah menerima hasil olah TKP tim Labfor.

Kendati sudah ditemukan penyebabnya, pihaknya juga waspada guna ada hal-hal serupa terjadi di kawasan setempat.

"Kita juga memerintahkan jajaran untuk terus waspada dengan adanya hal-hal yang kiranya dapt merugikan masyarakat banyak. Tentunya dalam hal tindak pidana serta lain sebagainya," bebernya.

Dil ain pihak Kapolres Kotim AKBP Muchtar Supiandi Siregar menjelaskan, hasil penyidikan tim Labfor kebakaran disebabkan korsleting atau hubungan pendek arus listrik.

Pemicunya diduga paku penjepit yang berkarat membuat kabel robek sehingga terjadi hubungan pendek arus listrik dan sambungan terputus.

Saat saklar dihidupkan oleh penjaga malam, diduga muncul percikan api di bagian atap. Percikan itu memicu api dan membesar karena atap terbuat dari sirap, yakni kayu ulin yang mulai lapuk karena sudah berusia tua sehingga terbakar.

Api dengan mudah merambat karena bangunan sekolah yang berlokasi di Jalan HM Arsyad itu sudah berusia puluhan tahun. Kebakaran menghanguskan enam ruangan, termasuk tiga ruang kelas.