Sekolah di Palangkara Raya Butuh Kantin Sehat, Setuju

id Wakil Wali Kota Palanga Raya, Mofit Saptono, Kantin Sehat

Sekolah di Palangkara Raya Butuh Kantin Sehat, Setuju

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Wali Kota Palanga Raya, Mofit Saptono menyatakan harapannya agar kantin sehat ada di setiap sekolah yang ada di wilayah ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah.

"Ketahanan pangan dan dan kesehatan siswa adalah dua hal yang terkait harus menjadi perhatian semua pihak. Untuk itu saya berkeinginan agar seluruh sekolah yang ada baik di tingkat TK hingga tingkat selanjutnya memiliki dan menerapkan kantin sehat," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Keberadaan dan pemberlakukan kantin sehat tersebut untuk memastikan jajanan yang disediakan untuk siswa terbebas dari penggunaan bahan berbahaya.

Selain itu juga untuk memastikan berbagai produk makanan dan jajanan untuk anak dipastikan layak konsumsi dan higienis sehingga selain tak mengancam kesehatan juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak.

"Untuk itu saya berharap seluruh sekolah yang ada dapat mengubah dan memastikan kantinnya menjadi kantin sehat sehingga seluruh makanan ataupun jajanan yang disediakan sehat dan aman bagi anak," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan pria nomor dua di "Kota Cantik" Palangka Raya pada acara pertemuan lintas sektor dalam rangka konsumsi pangan aman melalui kantin sehat yang diinisiasi oleh BPOM di Palangka Raya.

Kepala BPOM di Palangka Raya, Trikoranti Mustikawati dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan program yang diselenggarakan di 10 provinsi yang diprakarsai Presiden Republik Indonesia.

Dia mengatakan, keamanan pangan di sekolah harus dilaksanakan di seluruh jenjang pendidikan baik mulai tingkat SD hingga SMA.

"Semoga pertemuan ini dapat menghasilkan kesepakatan bersama baik antara kepala sekolah, guru dan orang tua serta komite sekolah untuk menciptakan dan menyediakan jajanan dan makanan yang sehat untuk anak melalui program kantin sehat," katanya.