Waduh! Petugas Kebersihan di Barito Utara Enggan Pakai Alat Keselamatan Kerja?

id barito utara, muara teweh, Petugas Kebersihan di Barito Utara, alat keselamatan kerja, Simamoraturahman

Waduh! Petugas Kebersihan di Barito Utara Enggan Pakai Alat Keselamatan Kerja?

Kepala Bidang Tata Kota pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara, Simamoraturahman. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebagian besar petugas kebersihan di Muara Teweh Ibu kota Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah tidak menggunakan peralatan keselamatan kerja saat menjalankan tugasnya.

"Alat keselamatan kerja yang sudah diberikan itu tidak digunakan dalam bertugas sehari-hari," kata Kadis PUPR Barut, Fery Kusmiadi melalui Kabid Tata Kota Simamoraturahman di Muara Teweh, Rabu.

PUPR setiap tahun selalu mengalokasikan dana untuk pembelian peralatan keselamatan kerja bagi petugas kebersihan dibawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat.

Dia tidak menampik jika ada petugas kebersihan yang tidak menggunakan alat keselatamatan.

Namun alat keselamatan seperti sepatu, kaos tangan dan lainnya tersebut selalu diadakan oleh dinas PUPR untuk para petugas kebersihan, tetapi kadang mereka tidak mau memakai alat tersebut dengan alasan tidak terbiasa menggunakannya.

"Petugas kadang tidak mau memakai alat pelindung diri tersebut dengan alasan tidak terbiasa dan mengganggu saat bekerja. Semua alat keselamatan diri ini sudah disiapkan dinas. Alat keselamatan kerja itu digunakan hanya saat melakukan aktifitas dilapangan," katanya.

Ia juga berharap, agar para petugas kebersihan bisa menggunakan alat pelindung diri tersebut, sehingga lebih aman dalam bekerja.

"Kita memberikan perhatian terhadap para petugas ini, karena memang benar seperti apa yang dikatakan salah seorang anggota DPRD setempat kalau tidak karena mereka, maka kota Muara Teweh ini kondisinya tidak akan sebersih sekarang ini," kata dia.

Petugas kebersihan di Dinas PUPR Barito Utara sebanyak 160 orang yang melakukan pembersihan di antaranya di ruas jalan di dalam kota Muara Teweh dan lokasi pasar.