"Si Rambat" Jadi Maskot Pilkada Barito Utara

id Barito Utara, Si Rambat, Maskot, Maskot pilkada Barut, KPU Barut, Si Rambat Jadi Maskot Pilkada Barito Utara, maskot kpu barut

"Si Rambat" Jadi Maskot Pilkada Barito Utara

Maskot Pilkada Barito Utara "Si Rambat" (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menetapkan "Si Rambat" sebagai maskot pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak tahun 2018 mendatang.

"Ditetapkannya `Si Rambat` ini sebagai maskot pemilihan kepala daerah ini setelah pemenang sayembara maskot dan jingel Pilkada Barito Utara sebagai juara pertama," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara Alamsyah di MUara Teweh, Selasa.

Menurut Alamsyah, pihaknya telah menyelenggarakan sayembara maskot dan jingel itu pada 20 Juli sampai 20 Agustur 2017, dari hasil itu terpilih tiga pemenang didasarkan pada penilaian tim dewan juri yang diambil masing-masing tiga juara.

Dari hasil sayembara ini rencananya akan diluncurkan oleh KPU Barito Utara pada sosialisasi Pilkada yang dilaksanakan di Water Frond City (WFC) Jalan Panglima Batur Muara Teweh.

"Dengan adanya pemenang ini menandakan Si Rambat secara resmi menjadi Maskot Pilkada Barito Utara Tahun 2018 merupakan karya dari Noor Ideal yang menjadi juara terbaik I," katanya.

Sedangkan Jingle yang terpilih terbaik I, kata dia, adalah Barake Umba Pilkada Barito Utara yang merupkan karya Reza Ginandha Sakti.

Kemudian terbaik II lomba maskot itu diraih Deby Maulana dengan judul karya Jagung, terbaik III diraih Catur Putra Perdana dengan judul karyanya Atak Jambe.

"Setelah itu lomba jingle terbaik II diraih Okta Kuswaningrum dengan judul karyanya Ayo Memilih Untuk Pilkada Barito Utara dan terbaik III dengan judul Pilkada Barito Utara yang merupakan karya Rizki," kata Alamsyah.

Sementara itu, pemenang sayembara Noor Ideal mengatakan awalnya bingung mencari ide tepat menjadi maskot yang berkaitan dengan produk unggulan didaerah ini.

"Saat itu sedang berbaring sambil memikirkan ide, rupanya muncul ketika duduk dan melihat rambat diatas lemari lalu muncul ide dengan membuat Maskot Si Rambat. Istilah dari Rambat ini adalah ramah dan bermartabat," ujarnya.

Dia tidak mengira dewan juri memilih karyanya menjadi maskot. Namun intinya keterlibatannya adalah bagaimana bisa membuat sesuatu yang bermaanfaat untuk Kabupaten Barito Utara.

"Tentu sikap senang dan bercampur haru. Terutama untuk memotivasi para generasi penerus lainnya untuk terus berkarya positif," kata Noor Ideal.