Palangka Raya (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) menunjukkan komitmen tinggi dalam memastikan ketersediaan listrik yang andal untuk mendukung rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

General Manager PLN UID Kalselteng, Ahmad Syauki melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Rabu menyatakan kesiapan penuh PLN dalam menghadapi momen penting ini.

"Kami menyiapkan 179 posko siaga yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Posko-posko ini didukung oleh 1.941 personel gabungan," katanya.

Para personel itu terdiri dari petugas pelayanan teknik, petugas Pekerjaan Dalam Keadaan bertegangan (PDKB), serta pegawai PLN. Kami pastikan, pasokan listrik di setiap titik peringatan HUT RI berjalan tanpa hambatan.

Dia mengatakan sejalan dengan tema peringatan HUT RI ke-79, “Nusantara Baru Indonesia Maju” , PLN UID Kalselteng berperan strategis sebagai penyokong utama Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam menjaga stabilitas dan keandalan pasokan listrik di wilayah Kalsel dan Kalteng.

PLN UID Kalselteng juga menyiapkan 43 unit genset dan 46 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan total daya kiloVolt Ampere (kVA) untuk memastikan pasokan listrik tetap stabil selama peringatan HUT RI. Selain itu, 27 unit Unit Gardu Bergerak (UGB), tiga unit Unit Kabel Bergerak (UKB), dan tujuh Unit High Voltage Insulated Skylift atau Crane PDKB juga disiagakan untuk mendukung operasional di lapangan.

“Kami siap mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa mengganggu kelancaran pasokan listrik, terutama di 11 venue upacara serta 163 titik  lokasi penting dan pusat kegiatan masyarakat,” tambah Syauki.

Ahmad Syauki memastikan bahwa seluruh persiapan telah dilakukan secara matang dan seluruh personel PLN dalam kondisi siap siaga.  Pihaknya tidak ingin ada gangguan sedikitpun selama pelaksanaan peringatan HUT RI.

Baca juga: Sebanyak 18 unit SPKLU PLN siap layani kendaraan listrik saat HUT RI ke-79 di IKN

"Oleh karena itu, kami juga menyiagakan 322 kendaraan operasional, baik roda dua maupun roda empat, yang siap digunakan kapan saja untuk mobilitas personel di lapangan,” jelasnya.

PLN UID Kalselteng juga memastikan pasokan daya yang sangat mencukupi selama peringatan HUT RI ke-79 ini yakni sebesar 958 Mega Watt (MW), dengan prediksi beban puncak mencapai 733,51 MW, sehingga pasokan listrik ke masyarakat tetap andal dan stabil selama rangkaian pesta Kemerdekaan Rakyat Indonesia ini.

“Dalam menjalankan kolaborasi dengan stakeholder terkait, kami juga terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa seluruh rencana dan persiapan berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Syauki.

Ahmad Syauki menambahkan, sebagai wilayah penyangga Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah memiliki peran penting dalam mendukung kesuksesan pembangunan IKN.

“Keandalan pasokan listrik di wilayah ini tidak hanya penting untuk peringatan HUT RI, tetapi juga untuk mendukung keberlangsungan pembangunan IKN yang menjadi masa depan Indonesia,” katanya.

PLN UID Kalselteng berkomitmen untuk terus menjaga keandalan pasokan listrik di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, terutama dalam momen-momen penting seperti peringatan HUT Kemerdekaan.

“Dengan segala persiapan yang telah kami lakukan, kami optimis dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dan memastikan peringatan HUT RI ke-79 berjalan dengan sukses tanpa adanya gangguan listrik,” kata Ahmad Syauki.

Baca juga: PLN siagakan 18 unit SPKLU, siap layani kendaraan listrik di IKN

Baca juga: Manfaatkan Faba, DPMD Kapuas gagas kerja sama desa dengan PT PLN

Baca juga: PLN UID Kalselteng raih penghargaan pendukung ProKlim KLHK

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024