Bupati Barito Utara Lantik Kades Tawan Jaya

id Bupati Barito Utara

Bupati Barito Utara Lantik Kades Tawan Jaya

Bupati Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Achmad Yuliansyah (istimewa)

Kita harapkan dengan dilantiknya kades baru ini dapat memberikan perubahan pada desa setempat terutama meningakatkan perekonomian masyarakatnya,"
Muara Teweh, 19/12 (ANTARA) - Bupati Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Achmad Yuliansyah melantik Kepala Desa Tawan Jaya Kecamatan Teweh Selatan, Suhardi, di desa setempat, Rabu.

"Selaku kepala desa akan mengemban tugas-tugas pemerintahan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, disiplin, jujur dan selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Yuliansyah mengatakan, tugas dan tanggung jawab kepala desa telah diatur dalam peraturan pemerintah RI No.72/2005 yakni kepala desa harus menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Kepala desa juga berkewajiban mengamalkan pancasila dan UUD 1945, mempertahankan dan memelihara keutuhan NKRI, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan yang tidak kalah pentingnya harus menyelenggarakan administrasi desa yang baik dan benar.

"Kepada masyarakat Desa Tawan Jaya diminta memberi dukungan sepenuhnya kepada kepala desa terpilih untuk menjalankan tugasnya, melakukan pengawasan, melakukan kritik dan saran yang positif dan bekerja samalah dengan landasan kebersamaan tanpa harus saling mencurigai," katanya.

Bupati mengharapkan pelaksanaan pembangunan desa, kades hendaknya menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes) yang merupakan pejabaran visi dan misi kepala desa terpilih ditetapkan paling lama tiga bulan setelah dilakukan pelantikan.

Dalam Permen 27 tahun 2005 diamanahkan bahwa kewenangan pemerintah desa menyiapkan data dan informasi yang akurat tentang permasalahan dan prioritas kebutuhan masyarakat desa dan menyusun serta menetapkan rencana pembanguanan desa.

"Kita harapkan dengan dilantiknya kades baru ini dapat memberikan perubahan pada desa setempat terutama meningakatkan perekonomian masyarakatnya," kata Yuliansyah.

Desa Tawan Jaya merupakan desa yang berada sekitar perkebunan kelapa sawit milik PT Antang Ganda Utama PIR Butong Kecamatan Teweh Selatan yang sebagian besar warganya sebagai petani dan pemilik kebun plasma kelapa sawit.





(T.K009/B/S019/S019) 19-12-2012 16:08:11