Ratu Elizabeth obral penghargaan jelang tahun baru

id Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II (AFP PHOTO/Lewis Whyld) istimewa

London (ANTARA News) - Perancang busana terkemuka Inggris, Stella McCartney yang juga putri musisi yang juga mantan personil The Beatles, Paul Mc Cartney, mendapat penghargaan Order of the British Empire dari Ratu Elizabeth II di Istana Buckhingham atas dedikasinya di dunia fesyen.

Selain Stella McCartney, yang juga mendapat penghargaan adalah Kenneth Grange berupa penghargaan Ksatria untuk layanan untuk merancang, demikian laporan ANTARA dari London, Senin.

Stella Mc Cartney sebelumnya mendapat gelar British Designer of the Year dari majalah Harper's Bazaar setelah mendesain pakaian resmi tim Inggris Raya pada Olimpiade London 2012.

Istri mantan PM Inggris , Cherie Blair (58), mendapat Commander of the Order of the British Empire atas sepak terjangnya dalam isu-isu perempuan dan sosial dengan menjadi patron untuk yayasan Breast Cancer Care, Refuge, Scope dan Community Foundation for Merseysid. 

Aktor Ewan McGregor, juga mendapat gelar serupa karena dedikasinya dalam dunia film dan kegiatan sosial, begitu juga penyanyi dan penulis lagu, Kate Bush, untuk layanan musik, dan juga aktor Adrian Lester.

Sementara artis Tracey Emin mendapat gelar CBE untuk layanan keseniannya mengatakan "Saya benar-benar senang. Bagi saya kehormatan ini adalah simbol bagaimana seni bisa mengubah persepsi orang tentang kehidupan dan pandangan dunia dengan cara yang berbeda."

Penghargaan berupa gelar dari Ratu Inggris di akhir tahun juga diberikan kepada para olahragawan Inggris yang berhasil mengharumkan nama Inggris Raya pada Olimpiade lalu, diantaranya pebalap sepeda Bradley Wiggins yang mendapat Ksatria untuk layanan untuk bersepeda.

"Saya tidak pernah membayangkan bahwa saya akan pernah menjadi seorang ksatria jadi suatu kehormatan yang luar biasa tapi ada unsur sedikit tidak percaya," kata Wiggins. 

Deretan atlet lainnya yang mendapat penghargaan serupa adalah atlet atletik Mo Farah, atlet layar Ben Ainslie, pebalap sepeda paralimpiade Storey Sarah, perenang paralimpiade Ellie Simmonds, petenis Andy Murray dan mantan atlet yang juga ketua panitia Olimpiade London Sebastian Coe. 

"Sebuah akhir yang indah untuk Olimpiade ini unik dan Tahun Paralimpiade", ujar Lord Coe.

Selain seniman dan olahragawan, ilmuwan Peter Higgs, profesor fisika teoritis mendapat penghargaan Companion of Honour untuk layanan untuk fisika, pemain biola Nicola Benedetti mendapat gelar MBE untuk layanan musik dan amal, dan ilustrator Quentin Blake.

Terakhir, politikus Margaret Beckett, mendapat gelar kehormatan Dame karena dedikasinya dalam pelayanan publik dan politik.

 (ZG)



Pewarta :
Editor : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar