Jangan meniru gaya Barcelona, kata Capello

id Fabio Capello

 Jangan meniru gaya Barcelona, kata Capello

Fabio Capello (istimewa)

Gaya Barcelona, menurut amatan saya, relatif baru. Anda memerlukan pemain-pemain bertalenta seperti Iniesta atau Messi
London (ANTARA News) - Mantan manajer timnas Inggris Fabio Capello mengakui bahwa Barcelona kini relatif menjadi anutan banyak klub di dunia sekarang ini.

Penampilan Barca seakan menjadi magnet bagi seluruh punggawa bola sejagat.

Barcelona telah menangguk banyak perhatian publik karena klub asal Spanyol itu tampil memesona dengan mengembangkan sepak bola "tiki-taka".

Dalam sebuah forum pertemuan antara para manajer sepak bola yang digelar atas prakarsa Asosiasi Sepak Bola Inggris, hadir antara lain Capello, Neil Lennon dan Michael Laudrup.

Capello mengakui bahwa evolusi telah menerpa laga sepak bola dengan dukungan perkembangan teknologi, sebagaimana dikutip dari laman Marca.

"Sekarang ini taktik Barcelona banyak diikuti oleh banyak klub di dunia. Akan tetapi jangan pernah meniru gaya Barcelona, karena langkah itu keliru. Banyak klub sekarang ini mengadaptasi gaya Barcelona," katanya.

"Banyak aspek dari Barcelona yang ditiru, misalnya gaya mereka bertahan. Ketika mereka kehilangan bola, setiap orang memosisikan diri sebagai pihak yang mendapat tekanan meski tidak sampai merembet ke lini tengah. Gaya Barcelona, menurut amatan saya, relatif baru. Anda memerlukan pemain-pemain bertalenta seperti Iniesta atau Messi," kata Capello.

Dalam pertemuan itu juga dibicarakan penerapan teknologi garis gawang. Capello menyatakan, "Penerapan harus gawang merupakan langkah yang patut diacungi jempol. Kemajuan adalah kemajuan, anda tidak dapat menghalau kemajuan, meski kita harus berhati-hati."
(A024)