PLN ganti 50.000 KWh meter akibat banjir Jakarta

id PLN ganti 50.000 KWh meter akibat banjir Jakarta

 PLN ganti 50.000 KWh meter akibat banjir Jakarta

Petugas PLN berusaha memperbaiki jaringan tengangan tinggi yang rusak setelah diterjang banjir di Jembatan Kalibata, Jakarta, Minggu (20/1/13). (ANTARA/Saptono) istimewa

Jakarta (ANTARA News) - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang akan mengganti sekitar 50.000 KWh meter yang rusak akibat banjir di Jakarta dan sekitarnya tanpa memungut biaya.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN (Persero) Bambang Dwiyanto di Jakarta Jumat mengatakan, penggantian dilakukan seiring proses pemulihan pasokan listrik di Jakarta yang padam karena banjir selama sepekan terakhir.

"Penggantian kWh meter ini gratis. Karena itu, kami mengingatkan para pelanggan agar mewaspadai oknum yang meminta bayaran," ujarnya.

Bambang juga mengatakan, akibat banjir, PLN menderita kerugian Rp72 miliar.

Kerugian tersebut berasal dari di sisi pembangkitan akibat sebagian unit PLGTU Muara Karang tidak beroperasi yakni senilai Rp45 miliar.

Lalu, kerugian akibat kehilangan kesempatan penjualan listrik Rp20 miliar dan peralatan rusak tergenang air Rp2 miliar untuk jaringan distribusi dan Rp1 miliar di sisi transmisi.

"Total kerugian PLN akibat banjir Jakarta ini sebesar Rp72 miliar," ujarnya.

Selain PLTGU Muara Karang, sebanyak 1.847 gardu distribusi padam pada Kamis (17/1).

Namun, pada Kamis (24/1), PLN mencatat tersisa 13 gardu yang masih belum bisa dioperasikan, karena menunggu air banjir benar-benar surut.

(K007)