Bank Dunia berkomitmen bantu Afghanistan

id Seorang anak berdiri di pintu depan studio foto

Bank Dunia berkomitmen bantu Afghanistan

Ilustrasi. Seorang anak berdiri di pintu depan studio foto di Kabul, Afghanistan. (REUTERS/Omar Sobhani) (istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Bank Dunia berkomitmen untuk membantu rakyat Afghanistan dengan cara mempromosikan pertumbuhan dan mengurangi kemiskinan selama dan sebelum batas waktu penarikan tentara keamanan internasional dari negara itu.

"Grup Bank Dunia sangat berkomitmen untuk membantu rakyat Afghanistan untuk menghentikan kemiskinan dan membangun kesejahteraan bersama dalam tahun-tahun mendatang," kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan lapangan pekerjaan akan menjadi peran yang krusial dalam memperkuat stabilitas serta memperbaiki tingkat kesejahteraan bagi semua warga Afghanistan.

Ia juga menuturkan, pihaknya akan mendukung di berbagai sektor yang dinilai krusial dalam rangka mencapai sasaran pembangunannya di berbagai bidang termasuk pendidikan, kesehatan, energi, infrastruktur dan pedesaan.

"Kami juga berfokus dalam hal memperbaiki kapasitas pemerintahan untuk memberikan layanan kepada warga negara dan menyuburkan iklim bisnis sektor swasta yang berpotensi menciptakan lapangan kerja," katanya.

Afghanistan, ujar dia, telah mencapai kemajuan selama satu dekade terakhir. Pada 2012, 2,7 juta anak perempuan berhasil disekolahkan, meningkat dari hanya 191 ribu pada 2002.

Selain itu, jumlah persentase warga Afghanistan yang memiliki akses kepada layanan kesehatan dasar dan rumah sakit meningkat dari hanya 9 persen pada 2003 menjadi 60 persen pada 2012.

Sebelumnya, Presiden Bank Dunia mengunjungi Afghanistan pada Minggu (14/3) dan bertemu antara lain dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai bersama Menteri Keuangan Omar Zakhilwal.

Pembicaraan Jim Yong Kim dengan pemimpin Afghanistan berfokus pada pentingnya pemberdayaan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan inklusif, pengurangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, dan pemberantasan korupsi.

Bank Dunia mendukung Afghanistan terutama melalui pengelolaan Afghanistan Reconstruction Trust Fund (ARTF) and pembiayaan yang disediakan Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA), salah satu lembaga dari Bank Dunia yang mengurus pendanaan bagi negara-negara miskin di dunia.

Berdasarkan data Bank Dunia, ARTF sejak tahun 2002 telah menghasilkan pendanaan sebesar 6,2 miliar dolar AS dari sebanyak 33 pihak donor.

Pewarta :
Editor : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar