Shanghai gelar pameran James Bond

id Aktor Daniel Craig

 Shanghai gelar pameran James Bond

Aktor Daniel Craig berpose saat sesi pemotretan untuk mempromosikan film James Bond terbaru "Skyfall" (REUTERS/Andrew Winning) (istimewa)

Shanghai (ANTARA News) - Pameran tokoh fiktif agen rahasia Inggris James Bond dihelat di Shanghai, Kamis, hanya seminggu setelah pemerintah komunis menyensor bagian-bagian film terbaru 007, "Skyfall".

Namun, Neil McConnon, kepala kurator "Designing 007 -- Fifty Years of Bond Style", mengatakan tidak ada sensor dalam pameran yang diselenggarakan Barbican London.

"Sama sekali tidak ada hasil editan untuk pengunjung China," kata dia seperti dikutip AFP. "Sebelumnya kami telah mengalami banyak sensor dalam beberapa pameran, tapi tidak kali ini." 

Sebagian adegan "Skyfall" yang syuting di sudut komersial China dianggap terlalu sensitif oleh otoritas China sebelum dirilis Januari.

Adegan yang menampilkan prostitusi di Macau, daerah administras khusus China, dihapus, begitu pula perkataan bahwa musuh Bond disiksa agen rahasia China.

Adegan saat seorang centeng menyerang petugas keamanan China di pencakar langit Shanghai juga dihapus.

Pameran di Shanghai itu dihelat di Museum Seni Minsheng.

Pameran tersebut menampilkan lebih banyak koleksi "Skyfall" dibandingkan acara serupa di London dan Toronto, misalnya perahu Daniel Craig saat memasuki kasino Macau. Ada juga busana yang dikenakan Michelle Yeoh, pemeran agen rahasia China Wai Lin dalam "Tomorrow Never Dies".

Penerjemah: Nanien Yuniar