Pembeli Online Paling Minati Fesyen, Kecantikan dan Gadget

id Pembeli online paling minati fesyen, kecantikan dan gadget

Pembeli Online Paling Minati Fesyen, Kecantikan dan Gadget

Ilustrasi Belanja Online (Istimewa), Istimewa

Mungkin dua tahun lagi akan ada 10 juta pembeli online, dan itu sudah sangat masif"
Jakarta (ANTARA News) - Produk fesyen, gadget dan kecantikan adalah tiga jenis barang yang paling diminati oleh para pembeli di toko maupun pasar online, kata pakar e-commerce Andi S Boediman.

"Fesyen, gadget dan peralatan kecantikan (health care dan body care), itu (penjualan) yang paling tinggi di toko online," kata Andi dalam acara Shopfair Kopdar Online Shop di Jakarta, Kamis.

Andi menuturkan, masyarakat yang kini sudah semakin "melek" internet telah melihat toko atau pasar online sebagai jawaban atas kebutuhan mereka untuk belanja yang cepat, mudah dan nyaman.

Faktor pendorong lainnya yakni peningkatan jumlah masyarakat kelas menengah yang menyebabkan kemampuan daya beli mereka juga meningkat. Begitu pula pengeluaran konsumsi mulai dari makan, transportasi hingga kebutuhan untuk berlibur.

"Apalagi ditambah jumlah pengguna internet yang saat ini telah mencapai 80 juta user, sekitar 30 persen dari total penduduk Indonesia yang ada. Dan hampir 10 persennya adalah mereka yang sudah belanja online," katanya.

Menurut co-founder plasa.com itu, dengan jumlah pembeli online sebanyak itu, pertumbuhan pengguna internet akan sangat masif. "Mungkin dua tahun lagi akan ada 10 juta pembeli online, dan itu sudah sangat masif," katanya.

Disebutkannya pula, hingga 2013 ini pihaknya bahkan telah mencatat ada 19 juta transaksi yang mendekati Rp5 triliun atau 500 juta dolar AS. "Itu hanya transaksi barang, tidak termasuk transaksi tiket atau jasa lainnya," ujarnya.