Di China, Mead Johnson Pangkas Harga Susu Formula

id Di China, Mead Johnson pangkas harga susu formula, susu

 Di China, Mead Johnson Pangkas Harga Susu Formula

Ilustrasi Susu, Istimewa

Beijing  (ANTARA News) - Produsen susu formula dari AS, Mead Johnson, memangkas harga produknya di China dari tujuh sampai 15 persen sebagai upaya merespons tuduhan antimonopoli dari pemerintah China.

Ini adalah respons terbaru Mead setelah Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, yang menjadi lembaga perencana ekonomi China, mengadakan investigasi terhadap naiknya harga susu formula akibat  monopoli yang kebanyakan menyasar perusahaan-perusahaan luar negeri.

Mead Johnson menyatakan akan sepenuhnya bekerjasama dalam penyelidikan itu. "Mead Johnson Nutrition berusaha menyediakan produk-produk aman dan berkualitas tinggi dengan harga menarik bagi semua konsumen," kata perusahaan itu.

China beberapa kali dihajar skandal keamanan makanan dalam beberapa tahun belakangan dengan yang paling heboh adalah skandal susu formula tahun 2008 yang menewaskan enam anak dan membuat 300.000 bayi di seluruh negeri keracunan.

Akibatnya ada tuntutan luas dari merek-merek formula ternama untuk memulihkan kepercayaan  konsumen, sedangkan China sendiri adalah pasar terbesar untuk produk ini.

Selain Mead Johnson, perusahaan asing lain yang disebut sedang diawasi adalah Danone dari Prancis, Wyeth Nutrition yang adalah unit Nestle raksasa produk makanan dari Swiss, RoyalFriesland Campina dari Belanda, dan Abbott Laboratories.

Keempat perusahaan ini sebelumnya telah mengumumkan penurunan harga.

China mengimpor 445 ribu ton susu formula pada paruh pertama tahun ini, naik 24,8 persen dari priode sama tahun 2012, demikian AFP.