Meksiko Tangkap Gembong Kartel Narkoba Zetas

id Meksiko tangkap gembong kartel narkoba Zetas, Miguel Angel Trevino

Meksiko Tangkap Gembong Kartel Narkoba Zetas

Miguel Angel Trevino. (mundonarco.com), Istimewa

Trevino dikenal sebagai pemimpin yang menggunakan kekerasan secara ekstrim.
Mexico City (ANTARA News/Reuters) - Pemerintah Meksiko pada Senin (15/7) mengatakan telah menangkap pemimpin kartel narkoba Zetas, Miguel Angel Trevino, yang menambah keberhasilan upaya Presiden Enrique Pena Nieto dalam mengurangi tingat kekerasan di negara tersebut.

Trevino (40), yang juga dikenal sebagai Z-40, ditangkap pada Senin dini hari oleh angkatan laut Meksiko di bagian utara kota Nuevo Laredo dekat dengan perbatasan Amerika Serikat (AS), kata juru bicara pemerintah Meksiko.

Pada saat Pena Nieto diangkat menjadi presiden pada Desember 2012, dia menjanjikan akan memperkuat keamanan dan memulihkan stabilitas di negara yang sebelumnya penuh dengan kekerasa berdarah pada masa Presiden Filipe Calderon.

Calderon adalah presiden yang menggunakan cara keras untuk mematikan geng-geng narkoba bersenjata. Namun, kebijakannya telah membuat lebih dari 70.000 orang terbunuh dalam kekerasan kartel sejak 2007.

Zetas sendiri merupakan kartel narkoba yang sering dituduh sebagai pemain utama dalam kekerasan terburuk di Meksiko. Kartel itu diduga terlibat dalam pembunuhan massal terhadap puluhan imigran di bagian utara Meksiko pada 2010.

Selain itu, Zetas juga dicurigai sebagai aktor utama dalam peristiwa pembuangan 49 mayat yang telah dipotong-potong di dekat kota Monterrey pada tahun lalu.

Pakar keamanan mengatakan bahwa Trevino, yang lahir di Neuvo Laredo, menjadi pemimpin Zetas setelah angkatan laut menembak mati mantan komandan kartel itu pada Oktober 2012.

Meskipun dia tidak mempunyai latar belakang militer, Trevino dikenal sebagai pemimpin yang menggunakan kekerasan secara ekstrim.

Bersama dengan dua saudara kandungnya, Trevino akan dituntut dengan tuduhan pencucian uang hasil penjualan narkoba dengan perjudian balapan kuda pada tahun lalu.

AS menuduh Trevino dan 13 orang lainnya telah mencuci uang penjualan narkoba senilai jutaan dolar AS dengan pembelian, pelatihan dan perjudian balapan kuda di empat negara bagian.

Departemen Luar Negeri AS juga menawarkan hadiah sebanyak lima juta dolar AS untuk informasi yang dapat membantu penangkapan Trevino.
(Uu.G005)