Diknas Barsel Cairkan Gaji Ke-13 Guru

id Diknas Barsel Cairkan Gaji Ke-13 Guru

Diknas Barsel Cairkan Gaji Ke-13 Guru

Ilustrasi, (Istimewa)

Buntok, Kalteng 16/7 (Antara) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah telah mencairkan gaji ke-13 bagi para tenaga pengajar di daerah tersebut.

Kepala Disdikpora Barsel, Dekma, S. Sos, M. Si, di Buntok, Selasa mengatakan pencairan gaji ke-13 bagi para guru di wilayah tersebut mulai dilakukan hari Senin (15/7).

Pencairan gaji ke-13 itu diberikan kepada guru Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) daerah tersebut.

Dia mengatakan, mekanisme pencairan gaji ke-13 pahlawan tanpa jasa itu dilakukan di kantor Disdikpora Barsel dan masing-masing Unit Pelaksana Teknis Disdikpora (UPTD) yang berada dienam kecamatan.

"Pencairan gaji ke-13 guru SMP, SMA dan SMK dilakukan di kantor Disdikpora Barsel, sedangkan pencairan gaji guru TK dan guru SD dilakukan di masing-masing UPTD Disdikpora yang berada dienam kecamatan," kata dia.

Dia mengatakan, pencairan gaji ke-13 seperti itu dimaksudkan untuk menghindari membludaknya guru ke kantor Disdikpora Barsel, karena jumlah guru TK dan SD paling banyak dibandingkan guru SLTP dan SLTA di daerah tersebut.

"Sistem tersebut dilakukan untuk mempermudah para guru menerima gajinya, terutama bagi mereka yang mengajar di pedesaan yang jaraknya jauh dari ibu kota kabupaten," kata Dekma.

Dia minta maaf kepada semua guru karena pembayaran gaji ke-13 tersebut agak terlambat. Hal ini dikarenakan jumlah banyak manakala dibandingkan dengan pegawai di instansi lainnya.

"Jumlah guru di Barsel mencapai 2.024 orang sehingga memerlukan waktu agak lama untuk menginput datanya. Meskipun demikian tidak ada keluhan dari guru terkait keterlambatan pencairan gaji ke-13 tersebut," demikian Dekma.



(T.KR-BYU/C/S019/S019)