Siswa SMA 4 Padang Lolos Paskibraka Nasional

id Siswa SMA 4 Padang lolos Paskibraka Nasional, paskibraka

Ilustrasi. Pengukuhan Paskibraka. (ANTARA/Prasetyo Utomo), Istimewa

Siswa kelas XI IPA 3 SMA 4 Padang tersebut berhasil melewati seleksi demi seleksi sejak Maret 2013 lalu hingga mewakili Kota Padang untuk Paskibraka Nasional,"
Padang (ANTARA News) - Retno Adhilla Putri, siswi kelas XI SMA Negeri 4 Padang, Sumatera Barat, terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional pada peringatan HUT ke-68 RI, di Jakarta.

"Siswa kelas XI IPA 3 SMA 4 Padang tersebut berhasil melewati seleksi demi seleksi sejak Maret 2013 lalu hingga mewakili Kota Padang untuk Paskibraka Nasional," kata Wakil Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah di Padang, Kamis

Ia menjelaskan Pemerintah Kota Padang terus memberikan motivasi kepada Retno agar terus menunjukkan potensi diri untuk menjadi yang terbaik.

"Potensi yang terasah akan membuahkan prestasi dan prestasi itu akan menjadi motivasi bagi yang lain," kata dia.

Prestasi yang dicapai Retno itu akan membanggakan orang tua dan guru, karena keberhasilan itu tak lepas dari sinergi yang terbangun antara guru dengan orang tua dalam memberikan bimbingan.

"Retno tetap merasa mempunyai tanggung jawab yang tidak enteng dipercaya provinsi ke pentas nasional sebagai paskibraka," kata Mahyeldi Ansyarullah.

Kadispora Kota Padang Dian Wijaya menyatakan seleksi Paskibraka 2013 diawali dengan seleksi tingkat Kota Padang pada 19-23 Maret 2013.

"Seleksi ini dikuti oleh 310 orang, mewakili 40 SLTA se-Kota Padang. Dari 310 orang tersebut, sebanyak 23 orang terpilih mewakili Kota Padang ke tingkat Provinsi Sumatera Barat. Masing-masing 12 putra dan 11 putri," kata dia.

Ia mengatakan dari 23 orang itu, terseleksi 19 orang (terdiri dari 10 putra dan 9 orang putri) sebagai paskibraka tingkat Sumbar, 3 orang di antaranya masuk nominasi nasional (1 putra dan 2 putri).

"Akhirnya, seorang di antaranya terpilih sebagai utusan Sumatera Barat ke tingkat nasional, yaitu Retno Adhilla Putri merupakan siswa SMAN 4 Padang," ujar dia.

Sebagai perbandingan, kata Dian Wijaya, pada 2012 Kota Padang terpilih paskibraka tingkat Provinsi Sumbar sebanyak 13 orang dan 1 orang di antaranya ke tingkat nasional, atas nama Iqbal yang juga dari SMAN 4 Padang.

Pada kesempatan terpisah, Kepala SMA 4 Padang Yunisra menyatakan terpilihnya siswi tersebut merupakan prestasi membanggakan SMA 4 Padang.

"Ini suatu prestasi yang membanggakan karena dua tahun berturut-turut siswa dari SMAN 4 Padang terpilih untuk Paskibraka Nasional," kata dia.

Dia mengatakan siswa itu mampu meraih prestasi terbaik dan mengharumkan nama Kota Padang pada tingkat nasional.

"Retno harus mempunyai tekad sebagai anggota inti yakni pembawa baki bendera saat upacara bendera 17 Agustus di Istana Negara nanti," kata dia.

(KR-ZON/M029)

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar