PBB kurangi pasukan di Pantai Gading

id PBB kurangi pasukan di Pantai Gading, Prajurit UNAMID

 PBB kurangi pasukan di Pantai Gading

Ilustrasi. Prajurit UNAMID menjalani pelatihan di Sudan Super Camp. (UN Photo/Olivier Chassot)Istimewa

PBB (ANTARA News) - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa, Selasa, mengurangi pasukan penjaga perdamaian PBB di Pantai Gading, sambil memuji upaya pemerintah untuk membawa stabilitas di sana.

Dewan memutuskan dalam resolusi untuk memperpanjang misi PBB di Pantai Gading namun mengurangi ukuran maksimumnya dari 10.400 tentara ke 7.137 personel.

Pengurangan lain sekitar 5.400 direncanakan akan dilakukan pada tahun 2015, menurut resolusi.

Pasukan PBB, UNOCI, memainkan peran kunci dalam membantu Presiden Alassane Ouattara mengambil alih kekuasaan setelah pendahulunya Laurent Gbagbo menolak untuk mengakui kekalahan pada pemilu 2010.

Pertarungan berbulan-bulan menyebabkan perselisihan, di mana sekitar 3.000 orang tewas.

Dewan memuji upaya Ouattara untuk "menstabilkan situasi keamanan dan mempercepat pemulihan ekonomi "di negara Afrika Barat itu, yang merupakan penghasil kakao terbesar dunia.

Tetapi dewan mencatat "dengan keprihatinan" lambatnya upaya untuk melucuti diperkirakan 65.000 pejuang milisi. Dewan juga menyoroti ketegangan berlama-lama di perbatasan bersama Pantai Gading dan Liberia.

Menurut para ahli PBB, pengikut Gbagbo telah menggunakan tentara bayaran Liberia untuk melancarkan serangan sporadis di barat negara itu.


Penerjemah: Askan Krisna