Putin, Obama Gagal Hindari Perpecahan Soal Suriah Di G20

id Putin, Obama gagal hindari perpecahan soal Suriah di G20, barack obama

 Putin, Obama Gagal Hindari Perpecahan Soal Suriah Di G20

Presiden AS Barack Obama (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Los Cabos, Meksiko, Senin (18/6). Sejumlah pemimpin negara berkumpul di Los Cabos untuk menghadiri KTT G20. (REUTERS/Jason Reed), Istimewa

Beliau (Obama) tidak setuju dengan argumen saya, saya tidak sepakat dengan argumen-argumennya, tapi kita mendengarkan satu sama lain dan berusaha untuk menganalisa (argumen masing-masing)."
Saint Petersburg (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan mitranya dari Rusia, Presiden Vladimir Putin, pada hari Jumat gagal mengakhiri pertentangan sengit mereka soal rencana AS melancarkan serangan militer di Suriah.

Sementara itu, setengah dari negara-negara anggota G20 mendesak bagi dilakukannya tindakan "keras" terhadap serangan senjata kimia -- yang dianggap dilakukan oleh pemerintah Suriah, lapor AFP.

Obama mengatakan dunia tidak bisa "tinggal diam" setelah terjadinya serangan kimia di Suriah.

Namun, Putin memperingatkan bahwa penyerangan ke Suriah tanpa adanya izin dari Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan tindakan "yang melanggar hukum".

Putin juga mengatakan Rusia akan "membantu Suriah" jika AS akan melakukan serangan, dengan menunjuk pada kerja sama militer, ekonomi dan kemanusiaan.

"Kami duduk berbicara... pembicaraan berlangsung secara konstruktif, berarti dan ramah," kata Putin setelah melakukan pertemuan yang tidak dijadwalkan sebelumnya dengan Obama.

"Kami tetap pada pendirian masing-masing," kata Putin.

Putin telah menjadi salah satu penentang paling keras campur tangan militer terhadap pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad atas dugaan serangan senjata kimia pada 21 Agustus lalu.

Ketika ditanya apa yang akan dilakukan Moskow jika aksi militer terhadap Suriah tetap dilancarkan, Putin mengatakan: "Apakah kami akan membantu Suriah? Ya."

Perpecahan di antara para pemimpin negara-negara maju dan perekonomian yang sedang bangkit itu menyangkut masalah Suriah tercermin dalam sebuah pernyataan yang didukung oleh 11 negara G20.

Pernyataan itu mendesak bagi dilakukannya "tindakan internasional yang keras" terhadap serangan kimia.

Tanpa secara terang-terangan menyebut aksi militer, pernyataan itu mengatakan bahwa tindakan tersebut akan "menjadi pesan yang jelas" bahwa kekejaman seperti ini (penggunaan senjata kimia) tidak boleh sampai terulang."

Negara-negara yang menandatangani pernyataan itu termasuk sekutu-sekutu AS seperti Inggris, Prancis dan Arab Saudi.

Namun, secara mencolok pernyataan itu tidak didukung oleh Rusia, China serta negara kunci Uni Eropa, Jerman.

Washington telah mempersiapkan kemungkinan serangan, memindahkan staf kedutaan yang memegang bidang tidak terlalu penting dari Beirut serta mengimbau para warga Amerika untuk tidak melakukan perjalanan ke Lebanon serta Turki barat daya.

Sementara itu, kementerian luar negeri Rusia pada hari Jumat memperingatkan Amerika Serikat secara keras bahwa pihaknya menentang menjadikan persenjataan kimia Suriah sebagai target serangan.

Putin dan Obama melakukan pembicaraan selama sekira setengah jam di sela-sela konferensi tingkat tinggi, namun pertemuan itu tidak mampu mengubah posisi masing-masing menyangkut Suriah.

"Beliau (Obama) tidak setuju dengan argumen saya, saya tidak sepakat dengan argumen-argumennya, tapi kita mendengarkan satu sama lain dan berusaha untuk menganalisa (argumen masing-masing)," kata Putin.

Obama juga menyebut pertemuan terjadi secara "tidak direncanakan dan berlangsung konstruktif" dan menambahkan bahwa hal itu "mencirikan hubungan saya dengan beliau (Putin)".

Pada Jumat, Amerika Serikat mengatakan pihaknya melihat tidak akan ada kesepakatan yang akan muncul kendati upaya telah berkali-kali dilakukan untuk mendekati sekutu utama Suriah, Rusia.

AS menyiratkan akan tetap menjalankan aksi hukuman terhadap rezim Assad walaupun tidak mendapatkan dukungan dari Dewan Keamanan PBB. 


Penerjemah: Tia Mutiasari