BPBD Kalteng Serahkan Bantuan Korban Banjir Lamandau

id BPBD Kalteng Serahkan Bantuan Korban Banjir Lamandau, BPBD

BPBD Kalteng Serahkan Bantuan Korban Banjir Lamandau

Ilustrasi, Logo BPBD, (Istimewa)

Kami menyampaikan terima kasih atas bantuan yang disalurkan BPBD provinsi tersebut,"
Nanga Bulik, Kalteng, 19/9 (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Tengah menyerahkan bantuan logistik kepada korban musibah bencana alam banjir di Kabupaten Lamandau.

Bantuan logistik tersebut dimaksudkan untuk meringankan beban korban bencana alam banjir di Kabupaten Lamandau, kata Agung Wimba Winata mewakili BPBD Provinsi Kalteng saat menyerahkan bantuan tersebut di Nanga Bulik, Kamis.

"Kami menyalurkan sejumlah bantuan logistik untuk bencana alam banjir Kabupaten Lamandau. Sebelumnya kami juga memberikan bantuan yang sama kepada korban banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur," katanya.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Lamandau melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Drs I Nengah Suartha mengatakan, bencana alam banjir yang melanda daerah itu meliputi sejumlah desa dan ribuan warga di daerah tersebut.

"Kami menyampaikan terima kasih atas bantuan yang disalurkan BPBD provinsi tersebut," katanya sambil menambahkan bahwa status tanggap darurat bencana banjir di Kabupaten Lamandau dimulai pada 11-18 September 2013.

Dia membenarkan bahwa ada beberapa daerah yang airnya sudah surut, namun masyarakat tetap diminta waspada karena hujan masih mengguyur wilayah tersebut.

Terkait pembagian bantuan tersebut, dia menyatakan belum mendapat petunjuk teknis, namun pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat, sehingga bantuan dapat disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

"Bantuan dari provinsi terbatas, sementara korban banjir mencapai ribuan jiwa sesuai pantauan kami di sejumlah desa. Kita belum mendapat laporan jumlah korban yang sudah mendapat bantuan dari Disnakertrans, dan ini perlu ada koordinasi agar bantuan tidak tumpang tindih," katanya.

Data korban yang sudah menerima bantuan dari Disnakertrans Kabupaten Lamandau diperlukan untuk mengetahui jumlah masyarakat yang belum mendapat bantuan tersebut, dan mereka yang belum menerima akan diprioritaskan.

"Penerima bantuan ini akan diprioritaskan untuk yang terkena banjir dan belum dapat bantuan dari Dinsos," katanya seraya menambahkan bahwa bantuan yang dikirim kepada korban bencana alam banjir berupa sembako, alat dapur, terpal dan sarung.




(T.S019/B/R010/R010)