889 Pelamar Jalani Tes Seleksi CPNS Kementerian PANRB

id 889 pelamar jalani tes seleksi CPNS Kementerian PANRB

Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 889 dari 17.000-an pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mulai menjalani tes kemampuan dasar dengan sistem komputer di Jakarta, Minggu.

"Dari 17 ribu lebih pelamar online di Kementerian PANRB, hanya 889 peserta yang dinyatakan lolos administratif. Mereka akan menjalani tes dengan sistem CAT (computer assisted test) selama 3 hari, mulai hari ini," kata Sekretaris Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto saat memberikan pengarahan kepada peserta tes.

Kementerian PAN-RB adalah instansi Pemerintah pertama dari 70 instansi yang akan menggelar tes penerimaan CPNS dengan sistem CAT.

Hanya 4.065 pelamar yang mengirimkan berkas administratif sesuai persyaratan, antara lain ijazah pendidikan terakhir, hasil tes TOEFL, dan SKCK.

Soal ujian CAT disediakan sebanyak 100 soal dengan kesempatan pengerjaannya selama 90 menit. Soal ujian dibagi menjadi tiga kelompok atau kategori, yaitu terkait wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, dan karakteristik pribadi.

Untuk kategori wawasan kebangsaan dan pengetahuan umum, setiap jawaban yang benar diberikan nilai 5 dan kalau salah nilainya 0. Sedangkan untuk karakterisitik pribadi tidak ada nilai 0, tetapi minimal 1 dan maksimal 5.

"Nilai maksimal untuk CAT ini lima ratus," ujar Tasdik Kinanto.