Alat tangkap Ikan Nelayan Bajo Dituduh Rusak Lingkungan

id Alat tangkap Ikan Nelayan Bajo Dituduh Rusak Lingkungan

Wangiwangi, Sultra (ANTARA News) - Alat tangkap ikan yang digunakan oleh para nelayan Bajo  rata-rata tidak ramah lingkungan dan cara yang mereka lakukan cenderung melanggar aturan.

Hal tersebut diungkapkan Guru Besar Antropologi Universitas Haluoleo Kendari, saat menjadi pembicara pada Seminar Internasional Suku Bajo di Wangiwangi, ibukota Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang berakhir Jumat malam.

"Hasil penelitian yang kami lakukan di beberapa perkampungan Bajo di di Indonesia, 90 persen nelayan Bajo menangkap ikan menggunakan bahan peledak atau bom," kata Prof Dr Nasaruddin Suyuti, Msi pada seminar tersebut.

Jika kebiasaan menangkap ikan menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan tersebut atau melanggar aturan itu tidak segera dihentikan kata dia, masa depan masyarakat Bajo yang sepenuhnya menggantungkan hidup dari sumber daya kelautan akan terancam kesulitan hidup.

Dampaknya yang lebih jauh lanjutnya, masyarakat Bajo akan tetap hidup di bawah garis kemiskinan akibat sumber daya kelautan yang tersedia di wilayah perairan laut, mengalami penurunan populasi dan terancam punah.