Tompi Dukung ASI Eksklusif Untuk Bayi

id Tompi

Tompi Dukung ASI Eksklusif Untuk Bayi

Tompi (ANTARA/M Risyal Hidayat) Istimewa

Jakarta (ANTARA News) - Pelantun tembang "Sedari Dulu" Tompi mengatakan air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi baru lahir hingga enam bulan pertamanya atau lebih.

Meski demikian ia tidak menganggap susu formula pengganti Air Susu Ibu (ASI) bukan "barang haram" jika diberikan kepada bayi untuk keadaan darurat.

"Kecuali terpaksa, susu formula boleh deh. Tetapi yang lebih penting tetap berikanlah bayi yang baru lahir dengan ASI eksklusif di enam bulan pertamanya atau lebih," kata pria bernama asli Teuku Adi Fitrian dalam acara yang diadakan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) di Pusat Kebudayaan AS @america, Jakarta, Minggu.

Suami dari Arti Indira Tirtasasmita tersebut menceritakan pengalamannya terkait pemberian ASI.

"Pernah saya menengok saudara di Aceh saat dia melahirkan bayinya. Saya sempat kaget begitu tahu dokter di sana memberikan susu formula. Otomatis saya langsung terkejut dan protes keras kepada dokternya."

"Memang ada saja dokter yang belum tahu dengan baik jika ASI itu lebih baik dari susu formula. Bahkan pemahaman umum tentang susu formula yang dianggap lebih baik dari ASI itu jamak di masyarakat. Padahal kenyataan dan riset menunjukkan hal yang sebaliknya," demikian Tompi.