Google Dan Samsung Berdamai Soal Paten

id Google Dan Samsung Berdamai Soal Paten

 Google Dan Samsung Berdamai Soal Paten

Ilustrasi, Google. (Istimewa)

London (ANTARA News) - Google Inc dan Samsung Electronics Co Ltd mengumumkan telah mencapai kesepakatan paten cross-licensing global.

Seperti dikutip Reuters, Google dan Samsung beberapa kali terlibat dalam gugatan paten namun bukan saling gugat.

Kesepakatan itu mencakup paten-paten yang selama ini dimiliki masing-masing perusahaan maupun paten di kemudian hari hingga 10 tahun ke depan.

Angka-angka keuangan dalam kesepakatan itu tidak diumumkan.

Google dan Samsung mengatakan kesepakatan itu "akan membawa kolaborasi yang semakin erat dalam riset dan pengembangan proyek-proyek saat ini maupun masa depan."

"Dengan bekerja sama berdasarkan kesepakatan seperti ini, kedua perusahaan dapat mengurangi potensi litigasi dan fokus ke inovasi," kata Allen Lo, petinggi Google yang menangani urusan paten, dalam pernyataan, Minggu.

Sementara itu Seungho Ahn, petinggi Samsung untuk urusan kekayaan intelektual, mengemukakan kesepakatan itu menunjukkan "kepada semua pihak di industri ini bahwa lebih baik bekerja sama daripada terlibat dalam perselisihan paten."

Perusahaan-perusahaan teknologi selama ini terlibat dalam perselisihan paten-paten smartphone meskipun lebih banyak yang menjalin aliansi dibandingkan berseteru.

Penerjemah: Aditia Maruli