Pemilu - Gerindra Kotim Klaim Dudukkan Satu Caleg Perempuan

id Pemilu - Gerindra Kotim Klaim Dudukkan Satu Caleg Perempuan, Caleg Perempuan,

Pemilu - Gerindra Kotim Klaim Dudukkan Satu Caleg Perempuan

Ilustrasi, Logo Partai Gerindra (Istimewa)

Kami berhasil meraih satu kursi yakni atas nama Hj Rusmawati di daerah pemilihan satu,"
Sampit (Antara Kalteng) - Partai Gerindra mengklaim berhasil mendudukkan satu kader perempuan di DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, hasil Pemilu legislatif 9 April 2014.

"Untuk perempuan, kami berhasil meraih satu kursi yakni atas nama Hj Rusmawati di daerah pemilihan satu," kata Ketua DPC Partai Gerindra Kotim, Ary Dewar di Sampit, Kamis.

Daerah pemilihan 1 merupakan kawasan di Selatan Kotim yang meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut dan Teluk Sampit.

Untuk daerah pemilihan 1 tersebut, Gerindra memprediksi hanya memperoleh satu kursi yakni atas nama Hj Rusmawati.

Ary menegaskan, partainya sangat serius dalam mengusung caleg perempuan, bukan sekadar memenuhi persyaratan harus mengusung 30 persen caleg perempuan.

Gerindra tidak pilih kasih atau membeda-bedakan perlakuan antara caleg laki-laki dan perempuan. Semuanya didukung semaksimal mungkin agar bisa meraih kursi, namun pilihan tetap ada di tangan masyarakat.

Dalam pemilu legislatif 9 April lalu, tercatat 433 caleg bersaing memperebutkan 40 kursi DPRD Kotim. Sebanyak 170 di antaranya merupakan caleg dari kaum perempuan.

Keterwakilan perempuan dalam caleg terbanyak di Kotim terdapat di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yakni 17 perempuan. Sedangkan paling sedikit di Partai Bulan Bintang delapan perempuan.

Untuk Partai Nasdem 16 perempuan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) 15 perempuan, Partai Golkar 15 perempuan, Partai Gerindra 15 perempuan, Partai Demokrat 15 perempuan, Partai manat Nasional (PAN) 16 perempuan.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 15 perempuan, Partai Hanura 14 perempuan, Partai Nasdem 16 perempuan dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia PKPI 12 perempuan.

Selain Hj Rusmawati, saat ini ada sejumlah nama caleg perempuan lainnya yang diprediksi akan meraih kursi DPRD Kotim. Di antaranya Debby Sartika dari Partai Nasdem yang bersaing di daerah pemilihan 2 meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, serta Irawati yang merupakan caleg PDIP yang bertarung di daerah pemilihan 4 meliputi Kecamatan Kotabesi, Cempaga, Cempaga Hulu dan Telawang.

Meski begitu, hasil pasti siapa saja caleg-caleg yang akan duduk di DPRD Kotim akan terlihat seluruhnya setelah Komisi Pemilihan Umum menggelar rapat pleno yang dijadwalkan pekan depan.

(T.KR-NJI/B/M019/M019)