Topan Kuat Mendarat Di Kyushu, Jepang Baratdaya

id Topan Kuat Mendarat Di Kyushu, Jepang Baratdaya,

Tokyo (ANTARA News) - Topan Neoguri, yang kedelapan pada musim ini, mendarat di dekat Kota Akune di Prrefektur Kagoshima di Daerah Kyushu di Jepang Baratdaya pada Kamis pagi, kata Badan Meteorologi Jepang.

Badan itu memperingatkan hujan lebat akan mengguyur Pulau Shikoku akibat udara yang tak stabil yang akan mempengaruhi banyak daerah dari bagian barat sampai utara Jepang.

Badan meteorologi tersebut juga memperingatkan mengenai tanah longsor lain, sementara perintah pengungsian dikeluarkan buat warga di Prefektur Miyazaki, Kumamoto dan Kagoshima di Wilayah Kyushu, kata Xinhua, Kamis pagi.

Menurut laporan setempat, seorang anak lelaki yang berusia 12 tahun di Prefektur Nagano pada Rabu meninggal akibat tanah longsor. Sementara itu seorang pria yang berusia lanjut dilaporkan meninggal setelah jatuh ke sungai yang airnya menggelegak di Prefektur Fukushima --yang mendapat banyak curah hujan.

Pada Senin, lembaga cuaca Jepang memperingatkan rakyat di kepulauan di bagian selatan negeri itu untuk sepenuhnya berhati-hati, saat topan super yang digambarkan sebagai "topan satu kali dalam beberapa dasawarsa" itu mengincar gugusan Pulau Okinawa.

Topan super tersebut, Neoguri, diperkirakan membawa hujan lebat dan angin kencang, yang sudah berhembus dengan kecepatan lebih dari 250 kilometer per jam.

Badan meteorologi itu mengeluarkan peringatan darurat mengenai gelombang tinggi dan angin kencang buat Pulau Miyakojima, pulau kecil yang terletak sekitar 300 kilometer di sebelah baratlaut Pulau Okinawa dan satu pulau yang lebih kecil dan terletak tak jauh.

Tak ada pembangkit listrik tenaga nuklir di Okinawa, tapi ada dua di Kyushu, pulau utama di unjung barat Jepang. Instalasi tersebut terletak di daerah yang dilewati topan itu, dan satu pembangkit listrik tenaga nuklir berada di Pulau Shikoku, yang berbatasan dengan Kyushu dan juga bisa terpengaruh.

Semua instalasi tersebut menghentikan operasi sejalan dengan kebijakan nasional saat ini. Seorang wanita juru bicara di Kyushu Electric Power Co mengatakan tak ada rencana khusus yang berkaitan dengan topan itu tapi perusahaan tersebut memiliki rencana untuk sepanjang tahun melindungi instalasi itu dari cuaca buruk.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, yang lumpuh akibat gempa bumi dan tsunami pada 2011, berada di sisi lain negeri tersebut --yang diperkirakan menghadapi hujan.

(C003)