Wanda Hamidah Siratkan PAN Dimungkinkan Koalisi Dengan Jokowi-JK

id Wanda Hamidah Siratkan PAN Dimungkinkan Koalisi Dengan Jokowi-JK, Wanda Hamidah,

Wanda Hamidah Siratkan PAN Dimungkinkan Koalisi Dengan Jokowi-JK

Wanda Hamidah (Istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Politisi PAN Wanda Hamidah menyiratkan terbuka peluang partainya berkoalisi dengan kubu Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pemerintahan mendatang.

"Dalam politik yang tidak mungkin bisa jadi mungkin (berkoalisi)," kata Wanda Hamidah melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa malam.

Perkataan Wanda itu menyikapi kemungkinan PAN berkoalisi dengan Jokowi-JK, pascapertemuan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa dengan Jokowi di kediaman Surya Paloh, Senin (1/9) malam.

Wanda menekankan Jokowi-JK tentu memiliki pertimbangan tersendiri dalam menentukan koalisi, yakni koalisi tanpa syarat. Sehingga, kata dia, apabila PAN benar berkoalisi, maka lebih didasari ketulusan untuk mendukung pencapaian janji-janji politik Jokowi-JK selama kampanye.

"Bukan sekadar bagi-bagi kursi menteri," papar dia.

Selaku politisi PAN yang mendukung pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014, Wanda memandang koalisi PAN dengan Jokowi-JK akan berdampak positif bagi bangsa.

"Karena sudah saatnya kita bersatu mengatasi permasalahan-permasalahan bangsa, dan sebagai partai yang dibentuk di era reformasi PAN punya tanggung jawab moral untuk menyukseskan Jokowi-JK yang sangat reformis," ujar dia.

Lebih jauh Wanda meyakini, Hatta Rajasa memiliki pengalaman yang mumpuni di pemerintahan dan dapat membantu pemerintahan Jokowi-JK.

Sebelumnya Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) didampingi salah satu Deputi Tim Transisi Hasto Kristianto diberitakan menghadiri pertemuan tertutup yang dihadiri Hatta Rajasa, di rumah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, di Jalan Permata Berlian R 20, Permata Hijau, Senin (1/9) malam.

Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan mengungkapkan pada kesempatan tersebut Hatta Rajasa memberikan ucapan selamat kepada Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

"Silaturahmi dan memberikan ucapan selamat," kata Zulkifli Hasan.

Tetapi Zulkifli yang juga merupakan Menteri Kehutanan itu tidak memberikan informasi detail ihwal pembicaraan apa saja yang terjadi dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu.

Ketua Komite Pemenangan Pemilu Nasional DPP PAN Joncik Muhammad mengungkapkan seusai pertemuan dengan Jokowi dan Paloh, Hatta Rajasa langsung melakukan konsolidasi dengan Koalisi Merah Putih.

Joncik tidak menyebutkan di mana pertemuan dengan Koalisi Merah Putih itu dilakukan, namun dia menjelaskan pertemuan itu untuk memperkuat kebersamaan partai pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Pertemuan itu membangun soliditas Koalisi Merah Putih dalam rangka menguatkan koalisi sampai ke daerah-daerah," jelas dia.

Pertemuan dengan Koalisi Merah Putih itu, menurut Joncik, sekaligus menampik adanya isu PAN akan merapat kepada kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla pascapertemuan di kediaman Paloh.

"PAN tetap komit dengan Koalisi Merah Putih," tegas dia.  (R028/T007)